Cara Memulai Usaha Mandiri Tanpa Harus Keluar dari Pekerjaan Utama

5
(3)

“Ingin memulai usaha mandiri tapi masih bekerja di perusahaan atau instansi tertentu? Pelajari cara memulai usaha mandiri tanpa harus keluar dari pekerjaan utama Anda.”

Dalam hidup yang penuh dengan rutinitas, kadang-kadang kita merasa ingin “mengubah arah” dan mencoba hal baru. Salah satu hal yang sering menjadi tujuan dari perubahan tersebut adalah memulai usaha mandiri. Namun, kadang-kadang keinginan itu terhenti karena kita masih bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Namun, ada banyak pilihan bidang usaha yang dapat Anda jalankan meskipun Anda masih bekerja penuh waktu di kantor.

Sebelum memutuskan untuk memikirkan strategi pemasaran untuk bisnis Anda nantinya, jangan lupa untuk memperhatikan legalitas usaha Anda. Bagaimana jika usaha yang Anda jalankan masih dalam skala kecil dan mikro, apakah masih dapat dilindungi secara hukum? Jika itu menjadi pertanyaan Anda, jangan khawatir karena meskipun dalam skala kecil dan mikro, usaha Anda tetap dapat didaftarkan dan dilindungi hukum. Pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, mengatur tentang pendirian Perseroan Perorangan (PT Perorangan) untuk usaha skala kecil dan mikro.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah PT Perorangan, ini adalah alternatif bagi pelaku usaha skala kecil dan mikro (modal usaha di bawah 5 miliar) untuk membentuk badan hukum untuk usahanya. PT Perorangan hanya dapat didirikan oleh satu orang saja yang bertindak sebagai pemilik modal dan pemilik usaha. Dan tidak diperlukan akta notaris seperti PT umumnya, hanya diperlukan KTP dan NPWP aktif dari pemilik usaha itu sendiri.

Setelah mengetahui sedikit tentang PT Perorangan, berikut adalah beberapa rekomendasi usaha yang dapat Anda jalankan meskipun Anda bekerja di kantor:

  1. Bisnis Dropshipping Bisnis dropshipping saat ini sedang populer di kalangan masyarakat. Dengan modal yang minim, Anda dapat memasarkan produk-produk seperti tas, baju, sepatu, celana, dll kepada masyarakat luas. Keuntungan dari bisnis ini adalah Anda tidak perlu menyetok barang, sehingga meminimalkan risiko kerugian. Anda hanya perlu memberitahukan kepada produsen/penyetok/distributor yang bekerja sama dengan Anda untuk mengirimkan pesanan yang masuk dari pelanggan. Karena tidak ada stok barang, biasanya bisnis ini dilakukan secara online melalui media sosial.
  2. Aktivitas Fotografi dan Videografi Jika Anda memiliki hobi fotografi dan videografi, manfaatkan bakat dan kemampuan Anda untuk menghasilkan uang tambahan. Anda dapat melakukan jasa fotografi dan videografi ini di luar hari kerja, seperti akhir pekan. Ada banyak bidang fotografi dan videografi yang dapat Anda jalankan, seperti produk, makanan, atau acara pernikahan.
  3. Aktivitas Kursus Privat Jika Anda memiliki kemampuan tertentu yang dapat disalurkan kepada orang lain, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalankan usaha kursus privat. Selain menambah penghasilan, ilmu yang Anda miliki juga dapat bermanfaat bagi peserta kursus Anda. Kursus privat yang umum ditemukan adalah kursus mata pelajaran sekolah (matematika, biologi, fisika, dll) serta kursus kemampuan diri (musik, berenang, menggambar, dll).

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 3

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca