Penjelasan Lengkap Asas Pendaftaran Merek, Pengertian dan Keuntungan

5
(9)

Dalam mendaftarkan hak kekayaan intelektual khususnya terkait brand terdapat asas pendaftaran merek yang berlaku. Dengan sistem yang ada maka pendaftaran merek memiliki aturan khusus sesuai undang-undang yang ada.

Asas Pendaftaran Merek

Pada dasarnya sistem pendaftaran merek ada dua jenis yaitu deklaratif dan konstitutif. Masing-masing memiliki perbedaan dan untuk lebih jelasnya dapat cek berikut ini.

1. Sistem First to Use

Sistem first to use lebih familiar dengan deklaratif merupakan suatu sistem perlindungan hukum. Perlindungan ini bagi pihak pertama dan berlaku sangat eksklusif.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Eksklusif baik secara komersial merek atau suatu wilayah khusus. Walaupun pengguna merek belum mendaftarkan legalitas merek dari produk tersebut.

2. Penggunaan First to File

Penggunaan sistem adalah sistem dengan tujuan melindungi produk langsung dari tangan pertama. Kemudian oleh yang bersangkutan segera didaftarkan ke pihak institusi resmi yang mengurus merek.

Dengan mendaftarkan legalitas tersebut, maka menjadi pihak pertama yang memiliki hak atas merek yang didaftarkan.

Sistem first to file lebih menjanjikan kepastian hukum dari pemilik mereknya. Dengan adanya legalitas yang jelas maka brand aman dan sah secara hukum.

Keuntungan Pentingnya Hukum Merek di Indonesia

Hukum merek di Indonesia menganut sistem first to file artinya pendaftaran suatu merek hanya diberikan untuk yang lebih dahulu mengajukan pendaftaran ke direktorat hak kekayaan intelektual.

Selanjutnya jika ada pihak lain yang mendaftarkan dengan nama sejenis akan mendapatkan penolakan. Dari legalitas resmi dan sesuai dengan UU Merek maka pemegang hak merek adalah yang pertama kali mendaftarkan ke instansi resmi.

Dengan legalitas jelas maka pelaku usaha merek dengan bersangkutan dapat memaksimalkan produksi secara optimal. Sebegitu pentingnya legalitas merek karena banyak keuntungannya, yaitu:

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Merek yang terdaftar akan mendapatkan perlindungan hukum. Larangan bagi yang menjiplak, meniru atau melakukan upaya melanggar hukum.

2. Sebagai Pembeda Produk Sejenis

Merek merupakan pembeda dari produk lain yang sejenis sehingga konsumen dapat melihat secara jelas perbedaaan kualitas produk. Dengan merek yang ada maka konsumen tidak tertipu dan merupakan daya tarik tersendiri.

3. Sebagai Identitas Produk

Adanya logo, gambar nama dan sejenisnya dalam sebuah merek merupakan identitas produk yang tidak dimiliki produk lain. Adanya merek akan meningkatkan branding dengan baik.

4. Kepercayaan Publik Meningkat

Keberadaan merek meningkatkan kepercayaan publik. Konsumen akan percaya bahwa produk yang digunakan memang memiliki kualitas bagus dengan manajemen terbaik.

5. Hak Eksklusif

Adanya asas first to file memberikan hak eksklusif selama 10 tahun ke depan sejak didaftarkan. Apapun yang meniru dari merek bisa dilaporkan sebagai bentuk pelanggaran hukum.

Dengan mengetahui asas daftar merek maka memberi keleluasaan bagi pelaku bisnis untuk dapat berkembang tanpa melanggar hukum. Hak kekayaan intelektual memiliki kekuatan penuh agar lebih berkembang maksimal.

Jasa Layanan Konsultasi dan Perlindungan HKI Terpercaya

Jika masih bingung untuk mendaftarkan merek produk bisnis, bisa melalui jasa layanan terpercaya Chayra Solusi HKI dari chayra.id.

Chayra Solusi HKI akan memberikan bantuan terkait HKI (Hak Kekayaan Intelektual) pendaftaran merek dari awal hingga akhir.

Penutup

Pendampingan sampai merek berhasil didaftarkan secara resmi sesuai asas pendaftaran merek yang berlaku. Merek resmi akan memberikan pengaruh besar dalam sebuah bisnis agar berkembang lebih optimal dan tidak didahului pihak lain dengan merek sama.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 9

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca