Pengelolaan Arsip Elektronik: Tahap-Tahap Sesuai Standar PANRI No. 6 Tahun 2021

5
(1)

“Pengelolaan arsip elektronik adalah proses mengatur arsip digital secara efisien, efektif, dan terstruktur. Pelajari tahap-tahap pengelolaan arsip elektronik sesuai standar PANRI No. 6 Tahun 2021 untuk menjamin keaslian, keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip Anda”

Pengelolaan Arsip Elektronik adalah proses mengatur arsip digital secara efisien, efektif, dan terstruktur. Ini meliputi pembuatan, penerimaan, penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan, pergantian media, penyusutan, akuisisi, deskripsi, pengolahan, preservasi, akses dan pemanfaatan. Arsip elektronik atau arsip digital adalah arsip yang telah dikonversi dari bentuk fisik atau kertas menjadi bentuk elektronik.

Pengelolaan arsip elektronik tidak hanya sekedar mengubah bentuk fisik menjadi elektronik, tetapi juga penting untuk menjamin bahwa arsip elektronik dapat digunakan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Berikut adalah tahap-tahap pengelolaan arsip elektronik sesuai dengan standar Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia (PANRI) No 6 Tahun 2021:

  1. Pembuatan dan Penerimaan Arsip Elektronik. Pembuatan arsip elektronik adalah kegiatan mencatat informasi dalam media rekam tertentu untuk dikomunikasikan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi instansi. Sementara penerimaan arsip elektronik adalah kegiatan untuk memastikan ketersediaan, pengolahan, dan penyajian arsip menjadi informasi untuk kepentingan internal atau publik.
  2. Penggunaan Arsip Elektronik. Penggunaan arsip elektronik untuk memastikan ketersediaan, pengolahan, dan penyajian arsip menjadi informasi untuk kepentingan internal atau publik.
  3. Penyimpanan Arsip Elektronik. Penyimpanan arsip elektronik dilakukan oleh pembuat arsip dan tidak dicampur dengan arsip dari pembuat lain.
  4. Pemeliharaan dan Pergantian Media Arsip Elektronik. Pemeliharaan arsip elektronik adalah kegiatan untuk menjaga keaslian, keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip.
  5. Penyusutan Arsip Elektronik. Penyusutan arsip elektronik dilakukan oleh pembuat arsip berdasarkan JRA atau klasifikasi yang sesuai dengan peraturan perusahaan atau lembaga.
  6. Akuisisi Arsip Elektronik. Pelaksanaan akuisisi arsip elektronik harus dituangkan dalam berita acara serah terima dan daftar arsip usul serah
  7. Deskripsi dan Pengolahan Arsip Elektronik. Deskripsi Arsip Elektronik sebagaimana dimaksud dalam dilakukan dengan ketentuan: dimulai dari informasi yang bersifat umum ke khusus; memuat informasi yang relevan dengan level deskripsi yang sedang dikerjakan; tidak mengulang informasi; dan memberikan indikasi keterkaitan antar level deskripsi.
  8. Preservasi Digital. Preservasi Digital dilakukan untuk menjamin integritas, aksesibilitas dan fungsionalitas Arsip Elektronik, Preservasi Digital dilaksanakan melalui: menyeleksi dan testing software maupun hardware; menggunakan format data non-proprietary atau opensource; mengelola metadata dengan baik; mendokumentasikan pelaksanaan Preservasi Digital; dan melakukan verifikasi terhadap integritas Arsip Elektronik.
  9. Akses dan pemanfaatan Arsip Elektronik. Akses dan pemanfaatan Arsip Elektronik dilakukan melalui proses penelusuran dan publikasi Arsip

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca