Pemusnahan Arsip: Memahami Prosedur dan Metode yang Digunakan

5
(7)

“Pemusnahan arsip adalah tahap akhir dari prosedur penyusutan arsip. Dalam artikel ini, kami akan membahas prosedur dan metode pemusnahan arsip yang efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan UU Kearsipan.”

Pemindahan arsip inaktif adalah proses mengambil arsip yang tidak digunakan lagi dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan bentuk dan media arsip. Setelah arsip inaktif pindah, tahap selanjutnya adalah pemusnahan arsip.

Pemusnahan arsip dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, serta untuk melindungi informasi arsip dari pihak yang tidak berhak mengetahuinya. Namun, dalam pemusnahan arsip, kita harus selalu memperhatikan kepentingan pencipta arsip dan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pemusnahan arsip harus dilakukan sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Arsip yang dapat dimusnahkan adalah arsip yang tidak memiliki nilai guna, telah habis retensinya dan berketerangan dimusnahkan berdasarkan JRA, tidak ada peraturan perundang-undangan yang melarang, dan tidak berkaitan dengan penyelesaian proses suatu perkara.

Pemusnahan arsip merupakan tahap akhir dari prosedur penyusutan arsip. Ada tiga metode pemusnahan arsip yang umum dilakukan, yaitu:

Pembuburan Arsip: Metode ini dilakukan dengan menghancurkan arsip menjadi bubur kertas di pabrik kertas atau tempat yang memiliki fasilitas pembuburan kertas. Hasil dari pembuburan arsip ini dapat didaur ulang menjadi kertas atau barang-barang daur ulang yang bermanfaat. Metode ini sangat ramah lingkungan dan sering dilakukan oleh pemerintah.

Pembakaran atau Kremasi Arsip: Metode ini dilakukan dengan menggunakan mesin kremasi yang biasa digunakan untuk kremasi jenazah. Hal ini lebih ramah lingkungan daripada melakukan pembakaran langsung dan hasil dari kremasi tidak dapat didaur ulang.

Pemberian Bahan Kimia: Metode ini dilakukan dengan memberikan bahan kimia tertentu hingga arsip hancur total, biasanya menggunakan magnesium karbonat. Namun, metode ini jarang dilakukan karena bahan kimia yang digunakan berbahaya.

Setelah mengetahui berbagai metode pemusnahan arsip, pilihan terbaik dalam menentukan metode pemusnahan arsip adalah dengan memperhatikan faktor efisiensi, keamanan, dan ramah lingkungan. Pembuburan arsip merupakan metode yang efisien dan ramah lingkungan karena hasil dari pembuburan arsip dapat didaur ulang menjadi kertas atau barang-barang daur ulang yang bermanfaat. Sementara itu, pembakaran atau kremasi arsip juga merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada pembakaran langsung. Namun, pemberian bahan kimia sebagai metode pemusnahan arsip harus dihindari karena bahan kimia yang digunakan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu, pembuburan arsip atau pembakaran/kremasi arsip merupakan pilihan terbaik dalam menentukan metode pemusnahan arsip.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk pemusnahan arsip, Anda dapat menghubungi Chayra Bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca