Cara Efektif untuk Memelihara Arsip dan Menghindari Kerusakan

5
(1)

“Pemeliharaan arsip adalah tindakan pencegahan penting untuk menjaga kondisi fisik arsip dan informasi di dalamnya tetap utuh. Pelajari cara-cara yang efektif untuk memelihara arsip dan menghindari kerusakan seperti rayap, kebakaran, dan lain sebagainya.”

Kebanyakan dari kita hanya berfokus pada cara menyimpan arsip dengan baik, tetapi lupa bagaimana cara untuk memeliharanya. Meskipun telah disimpan dengan baik, arsip tetap memiliki risiko kerusakan yang disebabkan oleh hama perusak seperti rayap, kutu buku, kumbang penggerek kayu, kecoa, tikus, dll. Selain itu, berbagai faktor lainnya juga dapat menyebabkan arsip rusak seperti terkena air, kebakaran, dan lain sebagainya.

Pemeliharaan arsip adalah tindakan pencegahan untuk memastikan kondisi fisik arsip dan informasi di dalamnya tetap utuh dan memiliki nilai guna. Untuk dapat memelihara arsip dengan baik, kita harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan arsip dan cara untuk mencegahnya. Selain melakukan pemeliharaan arsip, kita juga harus melakukan perawatan arsip.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Perawatan arsip pada dasarnya meliputi kegiatan perbaikan dan reproduksi arsip. Perbaikan atau restorasi arsip adalah tindakan dan prosedur untuk me rehabilitasi atau memperkuat kondisi fisik arsip/dokumen yang mengalami kerusakan. Tujuan dari pemeliharaan dan perawatan arsip sesuai dengan tujuan dari penyelenggaraan kearsipan yang ditentukan dalam Undang-undang RI Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, yaitu untuk menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya.

Untuk memelihara arsip dengan baik, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan agar arsip tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Menggunakan Outliner/ Plastik Mika untuk Menyimpan Arsip Fisik Teknik menggunakan outliner/plastik mika disebut juga teknik enkapsulasi, yaitu suatu teknik untuk melindungi arsip dari kerusakan fisik dengan menggunakan bahan pelindung. Plastik merupakan bahan yang baik untuk melindungi arsip dari air dan gigitan serangga seperti rayap karena rayap tidak dapat mencerna plastik.
  2. Fumigasi Arsip. Fumigasi Arsip adalah tindakan preservasi kuratif untuk menangani faktor biologi atau organisme yang dapat merusak arsip dengan menggunakan fumigasi di dalam ruang yang kedap gas udara pada suhu dan tekanan tertentu. Fumigasi arsip harus dilakukan minimal 1 tahun sekali untuk menjaga keselamatan arsip.
  3. Digitalisasi Arsip. Digitalisasi Arsip adalah proses untuk mengubah media dari bentuk fisik menjadi bentuk digital. Digitalisasi dilakukan untuk menghindari kerusakan arsip seperti terkena air, kebakaran, dan serangga. Pemeliharaan digitalisasi juga harus diperhatikan, terutama dalam hal penyimpanan dokumen digital seperti menyimpannya di server atau di cloud seperti g-drive atau i-cloud.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca