Manajemen Arsip di Lembaga Pendidikan: Pentingnya Pengelolaan yang Baik

5
(2)

“Lembaga pendidikan memerlukan manajemen arsip yang baik untuk menyatukan informasi, memudahkan akses, mengamankan arsip, serta meningkatkan pemanfaatan dan pendayagunaan arsip. Pahami cara pengelolaannya di sini.”

Arsip adalah catatan yang digunakan sebagai memori kolektif suatu lembaga atau institusi. Manajemen arsip di lembaga pendidikan sangat penting dan wajib dilakukan. Tujuannya adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi, mengamankan arsip, serta meningkatkan pemanfaatan dan pendayagunaan arsip.

Kinerja suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari arsip yang dimilikinya. Dokumen administrasi dan akademis serta karya ilmiah yang harus dijaga keasliannya merupakan contoh arsip yang penting. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu membentuk unit kerja pengelola kearsipan, merekrut tenaga pengelola/arsiparis yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan atau menghire jasa pengarsipan yang professional.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Karena arsip sangat penting bagi suatu lembaga pendidikan, maka perlu ada pengelolaan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini bertujuan agar dokumen penting terpelihara dari kemungkinan hilang, rusak atau sulit ditemukan.

Berikut adalah contoh kegiatan kearsipan yang dilakukan di lembaga pendendikan:

Arsip persuratan dan dokumen penting:
  • Buku agenda surat masuk/keluar dan file surat masuk/keluar,
  • Kartu kendali surat,
  • Penyimpanan dokumen/surat-surat penting,
  • surat keputusan pendirian sekolah,
  • surat izin operasional lembaga pendidikan
  • sertifikat tanah lembaga pendidikan,
  • surat keputusan NDS/NSS,
  • surat keputusan akreditasi lembaga pendidikan
Penyimpanan surat berdasarkan bidang garapan meliputi:
  • Kepegawaian,
  • Keuangan,
  • Kurikulum,
  • Perlengkapan,
  • Kesiswaan/Kemahasiswaan
  • dll
Arsip Kepegawaian, meliputi:
  • File dokumen kepegawaian seluruh guru/dosen dan karyawan,
  • Biodata guru/dosen dan pegawai,
  • Daftar hadir guru/dosen dan pegawai,
  • Rekapitulasi prosentase kehadiran guru/dosen dan pegawai, dll.
Arsip Keuangan, meliputi:
  • Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS),
  • Daftar Gaji/honor guru/dosen dan pegawai,
  • Buku kas dana bantuan pemerintah,
  • Buku kas dana dari masyarakat,
  • SPJ belanja barang/pengadaan barang, perawatan, dll.,
  • Buku catatan pembayaran uang sekolah siswa/mahasiswa,
  • Kartu bukti pembayaran uang sekolah siswa/mahasiswa, dll.
Arsip Perlengkapan, meliputi:
  • Buku inventaris barang,
  • Program pengembangan sarana dan prasarana,
  • Buku pencatatan keluar/masuk barang,
  • Buku catatan kegiatan perawatan dan perbaikan sarana dan prasarana.
Arsip Kurikulum, meliputi:
  • Dokumen Kurikulum,
  • Program kerja bidang kurikulum,
  • Kalender pendidikan,
  • Program semester/tahunan guru,
  • Program pembelajaran guru,
  • SK pembagian tugas mengajar,
  • Dokumen nilai setiap mata pelajaran,
  • Buku notulen rapat kenaikan kelas/kelulusan,
  • Berita acara rapat kenaikan kelas/kelulusan, dll.
Arsip BP/BK, meliputi:
  • Program kerja BP/BK,
  • Buku catatan kasus siswa/mahasiswa,
  • Buku kepribadian siswa/mahasiswa,
  • Berita acara penangan kasus, dll.
Arsip Kesiswaan, meliputi:
  • Buku induk siswa/mahasiswa,
  • Buku kleper siswa/mahasiswa,
  • Data siswa/mahasiswa,
  • Dokumen PSB,
  • Dokumen penyerahan rapot/ijazah.
Arsip Pembinaan OSIS dan Ekstrakurikuler, meliputi:
  • SK Pembina OSIS dan Ekstrakurikuler,
  • Susunan pengurus OSIS dan Ekstrakurikuler,
  • Jadwal kegiatan OSIS dan Ekstrakurikuler,
  • Program Kerja Pembina OSIS dan Ekstrakurikuler,
  • Dokumen administrasi dari setiap kegiatan,
  • Dokumen laporan dari setiap kegiatan.
Arsip Hubungan Dunia Usaha/Dunia Industri, Dunia Kerja dan penelusuran tamatan meliputi:
  • Dokumen MOU antara sekolah dan DUDI,
  • Data DUDI yang menjadi institusi pasangan,
  • Data Siswa yang melaksanakan PKL/PSG di DUDI,
  • Jadwal Kegiatan PKL/PSG,
  • Dokumen foto kegiatan,
  • Data siswa/tamatan yang sudah bekerja,
  • Informasi-informasi yang berkaitan dengan permintaan tenaga kerja.

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca