Apa Saja Istilah dalam Kearsipan? Berikut Penjelasannya

4
(4)

Bagi sebagian besar orang, isilah kearsipan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Akan tetapi, saat ini masih banyak orang belum mengetahui apa saja istilah dalam kearsipan. Lembaga kearsipan adalah sistem yang mengatur dan mengelola berbagai arsip penting.

Sedangkan kata arsip adalah sebuah catatan kegiatan berupa buku, surat, hingga catatan. Biasanya arsip ini dibuat oleh sebuah lembaga, organisasi, atau badan penting lainnya. perlu diingat, semakin besar lembaga tersebut, maka akan semakin banyak produktivitas arsip.

Berikut Adalah Istilah dalam Kearsipan yang Harus Diketahui

Proses kearsipan akan berubah seiring berjalannya waktu. Pada zaman dahulu, proses mengelompokan arsip hanya menggunakan tali saja. Penggunaan tali tersebut nantinya akan mengumpulkan catatan kegiatan yang sangat penting.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Namun, seperti yang dilihat saat ini proses kearsipan sangat mudah dilakukan. Dengan penggunaan teknologi, Anda akan lebih mudah mengumpulkan catatan kegiatan penting. Kendati demikian masih banyak orang belum bisa memaksimalkan melakukan arsip.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan layanan pengelola arsip. Istilah kearsipan dalam Bahasa Inggris adalah archives. Tentunya ada banyak istilah pada kearsipan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang istilah istilah dalam kearsipan, artikel ini akan menjelaskan secara lebih jelas. Mau tahu apa saja istilah yang ada dalam kearsipan? Yuk, simak penjelasan mengenai istilah di dalam kearsipan sekarang juga.

1. Arsip Statis

Istilah pertama dalam kearsipan adalah arsip statis. Arsip yang satu ini mungkin sudah dikenal banyak orang. pengertian arsip statis adalah sebuah arsip yang dihasilkan dari penciptanya. Biasanya memiliki nilai sejarah dan sudah pasti terverifikasi sebuah lembaga.

Hingga saat ini ada banyak contoh arsip statis. Salah satu contoh yang terkenal yakni Arsip Nasional Republik Indonesia

2. Penyusutan Arsip

Arsip sendiri tentunya bisa mengalami penyusutan. Pengertian dari penyusutan arsip adalah aktivitas pengurangan sebuah arsip. Pada dasarnya pengurangan ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memindahkan arsip inaktif berupa unit pengolah ke unit kearsipan.

Tidak hanya itu saja, penyusutan arsip juga bisa berupa pemusnahan arsip. Jadi, pada poin ini Anda dapat mengurangi maupun memusnahkan sebuah arsip.

3. Daftar Pencarian Arsip

tidak kalah penting dari istilah lainnya, adapun Daftar Pencarian Arsip atau yang biasa disebut DPA. Pengertian DPA merupakan rincian daftar berupa arsip yang mempunyai nilai kesejarahannya.

Nilai tersebut bisa yang telah diverifikasi secara langsung ataupun tidak langsung. Seperti yang diketahui pemferivikasian dilakukan oleh lembaga keasrsipan serta diumumkan kepada masyarakat luas.

4. Arsip Terjaga

Selain istilah yang telah dijelaskan, adapun istilah arsip terjaga. Arsip ini merupakan arsip negara yang sangat penting dan harus dijaga. Hal tersebut dikarenakan berisi informasi yang menyangkut kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Oleh karena itu, arsip ini sangat penting untuk dilestarikan, dijaga keselamatannya serta keutuhannya.

Penutup

Itulah beberapa istilah dalam kearsipan yang harus Anda ketahui. Beberapa istilah tersebut mungkin banyak tersebar di mana saja. Pastinya informasi yang telah dijelaskan sangat bermanfaat untuk Anda.

Pada dasarnya untuk mengurus arsip memiliki energy yang ekstra. Oleh karena itu, tidak heran saat ini ada banyak layanan manajemen informasi.

Anda dapat memilih layanan yang terpercaya, salah satunya layanan dari Chayra Solusi Arsip. Layanan tersebut tentunya sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Jadi, Anda tidak perlu lagi ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Arsip. Dengan menggunakan layanan itu juga Anda bisa dapat untung.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 4 / 5. Jumlah pemberi bintang: 4

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca