Lewati ke konten

Chayra.id

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Solusi Chayra
    • Solusi Arsip
    • Solusi Legalitas Usaha
    • Solusi Media
    • Chayra Institute
  • Beranda
  • Tentang kami
  • Solusi Chayra
    • Solusi Arsip
    • Solusi Legalitas Usaha
    • Solusi Media
    • Chayra Institute

Ini Loh Perbedaan Logo dan Maskot yang Wajib Diketahui!

  • Chayra Media, Kabar Chayra
  • Mei 22, 2023
5
(7)

Salah satu strategi perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa mereka adalah dengan menggunakan identitas seperti logo yang memiliki ciri khas. Namun, tahukah Anda perbedaan logo dan maskot? Keduanya memang sering dianggap sama oleh sebagian besar orang.

Padahal, logo dan maskot adalah dua hal yang berbeda, meski tujuan dan penggunaannya sama-sama menguntungkan bagi perusahaan. Contoh logo maskot yang sering kita jumpai adalah segala jenis simbol atau identitas suatu perusahaan atau bisnis.

Kenapa Menggunakan Logo dan Maskot?

Bagi Anda yang merupakan seorang pengusaha, mengetahui perbedaan logo dan maskot adalah hal yang penting karena keduanya dapat menjadi tanda pengenal perusahaan bagi konsumen, sehingga konsumen akan semakin mengenal produk atau jasa Anda.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pada dasarnya, logo simbol maupun maskot merupakan dua hal yang tergolong sebagai perwakilan dari sebuah entitas untuk tujuan yang sama, yaitu membantu memasarkan perusahaan Anda kepada pembeli.

Keberadaan logo dan maskot sebagai identitas perusahaan dapat menaikkan value brand dan menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen. Selain itu, ada beberapa keuntungan dari logo maupun maskot untuk perusahaan :

  • Mudah dikenal oleh konsumen karena biasanya logo atau brand perusahaan memiliki nilai filosofinya sendiri dalam mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan
  • Sebagai pengingat Dengan adanya logo atau maskot, perusahaan Anda akan mudah dikenal oleh banyak orang, terlebih jika Anda menggunakan maskot yang nyentrik dan memiliki ciri khas yang unik
  • Meningkatkan performa brand, terutama jika menggunakan maskot untuk identitas perusahaan Anda karena biasanya maskot memiliki visual dan karakter dengan kepribadian yang menarik bagi konsumen
  • Menghidupkan suasana karena kehadiran dari jenis-jenis logo ini dapat memberikan kesan menarik dari segi komunikasi visualnya
  • Sebagai nilai tambah. Hal ini karena dengan menggunakan maskot ataupun logo, perusahaan akan kemungkinan besar mendapatkan penjualan atau pembelian yang banyak dari konsumen

Apa yang Dimaksud dengan Logo?

Logo adalah berupa simbol atau tulisan yang didesain untuk membantu audiens lebih mengutamakan pengenalan terhadap suatu brand dari perusahaan. Bisa dibilang, logo dapat membuat simbol grafis yang lebih sempurna dari maskot.

Ciri-ciri logo biasanya dilengkapi dengan tulisan beserta gambar atau yang disebut dengan jenis logo kombinasi. Apa yang dimaksud logo kombinasi? Sesuai namanya, jenis logo yang satu ini memadukan elemen tulisan beserta simbol ataupun gambar agar lebih mudah diingat.

Logo sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk :

1. Wordmark

Beberapa brand menggunakan logo jenis ini karena cukup simple, yaitu berbentuk tulisan dengan menggunakan nama brand secara singkat. Contoh logonya adalah Coca-Cola, Google,  Facebook, dan masih banyak lagi.

Layak Dibaca:  Meningkatkan Kualitas dan Kesuksesan UMKM dengan NIB dan Sertifikat Halal

2. Letter Mark

Jenis logo ini dicirikan berbentuk tulisan dengan menyiapkan inisial atau singkatan nama dari brand. Contoh letter mark adalah logo Apple, Twitter, WWF, Channel dan masih banyak lagi.

3. Pictorial Mark

Pictorial mark merupakan ikon atau lambung grafis, contohnya seperti logo Apple dan Shell.

4. Logo Kombinasi

Tahukah Anda perbedaan logo dan maskot terletak pada poin ini. Logo ini adalah logo yang mengombinasikan lettermark, logo Doritos Burger King, dan Youtube.

Apa yang Dimaksud dengan Maskot?

Apa bedanya logo dan maskot? Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa perbedaan keduanya karena sama-sama memiliki keuntungan. Seperti namanya, maskot adalah bentuk karakter untuk produk brand perusahaan.

Biasanya, maskot lebih menonjolkan keunggulan warna, font, dan bentuknya.Contoh maskot yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah badut McD, Wendy’s, dan Mixue. Ketiga contoh perusahaan tersebut menggunakan maskot untuk promosi.

Selain itu perbedaan logo dan maskot, maskot biasanya berupa bentuk dari sebuah karakter tertentu, sehingga dapat terlihat menonjol dengan melibatkan ilustrasi serta karakter bergambar.

Jadi, untuk bedanya sendiri ada pada bentuk dan fisik dari simbol atau identitas tersebut. Jika logo merupakan gabungan dari tulisan dan gambar, maka maskot berupa gambaran atau karakter fiktif yang unik dan menarik.

Contoh logo maskot lainnya adalah pringles, Oppo, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis logo yang bisa menggunakan huruf atau sebuah lambung bermakna, yaitu perusahaan, brand, nama, sama event lain.

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan logo dan maskot. Apakah Anda tidak tertarik untuk menggunakan salah satu dari keduanya sebagai media promosi? Tak perlu ragu Anda bisa konsultasi bersama chayra.id.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Chayra Bisnis

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Langganan Sekarang!

Share:

More Posts

Manfaat Company Profile Sebagai Marketing Tools

Struktur Opsional Company Profile (Kata Pengantar, Testimoni, Dll)

Bagaimana Desain Logo yang Baik? Ikuti 5 Tips Berikut

Fungsi Landing Page dan Pengertiannya

4 Hal Yang Mempengaruhi Perubahan Logo

Send Us A Message

Chayra.id

Jalan Bintaro Raya No.8C, Jakarta Selatan, Jakarta, 12240
  • Sen - Jum: 10.00 - 18.00 WIB
  • Whatsapp Kami
  • kirimpesan[at]chayra[dot]id
Solusi Chayra
  • Chayra Solusi Arsip
  • Chayra Solusi Legalitas Usaha
  • Chayra Solusi Hukum
  • Chayra Solusi Media
  • Chayra Institute
  • Chayra Solusi HKI
Tentang kami
  • Kebijakan Penggunaan Layanan
  • Kebijakan Perlindungan Data Pribadi
  • Biaya dan Metode Pembayaran
  • Ulasan Layanan
Ikuti Sosial Media Kami
Instagram Spotify Youtube Facebook Tiktok Linkedin

© PT Chayra Solusi Bisnis

WordPress dibuat dengan ❤ by Abifathan – faizONE.ID

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Read More

In case of sale of your personal information, you may opt out by using the link Do Not Sell My Personal Information

Cookies are small text files that can be used by websites to make a user's experience more efficient. The law states that we can store cookies on your device if they are strictly necessary for the operation of this site. For all other types of cookies we need your permission. This site uses different types of cookies. Some cookies are placed by third party services that appear on our pages.
  • Necessary
    Always Active
    Necessary cookies help make a website usable by enabling basic functions like page navigation and access to secure areas of the website. The website cannot function properly without these cookies.

  • Marketing
    Marketing cookies are used to track visitors across websites. The intention is to display ads that are relevant and engaging for the individual user and thereby more valuable for publishers and third party advertisers.

  • Analytics
    Analytics cookies help website owners to understand how visitors interact with websites by collecting and reporting information anonymously.

  • Preferences
    Preference cookies enable a website to remember information that changes the way the website behaves or looks, like your preferred language or the region that you are in.

  • Unclassified
    Unclassified cookies are cookies that we are in the process of classifying, together with the providers of individual cookies.

Do you really wish to opt-out?

Cookie Settings
Cookies are small text files that can be used by websites to make a user's experience more efficient. The law states that we can store cookies on your device if they are strictly necessary for the operation of this site. For all other types of cookies we need your permission. This site uses different types of cookies. Some cookies are placed by third party services that appear on our pages.
  • Necessary
    Always Active
    Necessary cookies help make a website usable by enabling basic functions like page navigation and access to secure areas of the website. The website cannot function properly without these cookies.

  • Marketing
    Marketing cookies are used to track visitors across websites. The intention is to display ads that are relevant and engaging for the individual user and thereby more valuable for publishers and third party advertisers.

  • Analytics
    Analytics cookies help website owners to understand how visitors interact with websites by collecting and reporting information anonymously.

  • Preferences
    Preference cookies enable a website to remember information that changes the way the website behaves or looks, like your preferred language or the region that you are in.

  • Unclassified
    Unclassified cookies are cookies that we are in the process of classifying, together with the providers of individual cookies.

Do you really wish to opt-out?