Meningkatkan Kualitas dan Kesuksesan UMKM dengan NIB dan Sertifikat Halal

0
(0)

Memenuhi Persyaratan NIB dan Sertifikat Halal untuk Kesuksesan UMKM Anda!

Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas dan kesuksesan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Dengan memiliki NIB dan sertifikat halal, pelaku UMKM dapat memperoleh kepercayaan konsumen yang lebih besar, memperluas jangkauan penjualan, serta mendapatkan dukungan pemerintah berupa pelatihan kewirausahaan dan modal.

Namun, masih terdapat banyak pelaku UMKM yang belum memenuhi persyaratan tersebut. Hanya 5,8 persen dari total 64,19 unit UMKM di Indonesia yang telah memperoleh NIB. Jumlah pelaku UMKM yang memiliki NIB yang sedikit ini berdampak pada rendahnya kepemilikan sertifikat halal dan Standar Nasional Indonesia.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Padahal, NIB merupakan legalitas yang penting bagi pelaku UMKM agar diakui oleh pemerintah. Meskipun proses pengurusan NIB dapat dilakukan secara online, banyak pelaku UMKM yang menghadapi tantangan dalam melakukannya. Mereka memerlukan pendampingan dan sosialisasi terkait pengurusan NIB. Selain itu, para pelaku UMKM juga kesulitan meninggalkan kegiatan usaha mereka yang sibuk.

NIB juga diperlukan sebagai syarat untuk mengurus sertifikat halal. Pelaku UMKM harus memiliki NIB agar dapat memperoleh sertifikat halal. Sertifikat halal, terutama yang bersifat self-declare, mengharuskan pelaku UMKM menggunakan bahan yang telah terjamin kehalalannya dan produk yang tidak berisiko. Selain itu, proses produksi juga harus dipastikan kehalalannya dan sederhana.

Salah satu kendala lainnya adalah saat memberikan data mengenai proses produksi dan persyaratan foto produk per varian. Sebagai contoh, penjual jus buah dengan 10 varian jus harus menyediakan 10 foto produk berdasarkan varian jus yang dijual.

Meskipun demikian, memiliki sertifikat halal memberikan berbagai manfaat bagi pelaku UMKM di bidang kuliner untuk memperluas jaringan produknya di pasar halal, antara lain:

  1. Produk dengan Kualitas Terjamin

Sebagai pelaku bisnis UMKM, memiliki produk berkualitas sangatlah penting untuk bersaing di pasar yang besar seperti di Indonesia. Kepemilikan sertifikat halal menjamin bahwa produk yang dijual memenuhi standar kualitas yang tinggi. Untuk memperoleh sertifikat halal, produk Anda akan melalui serangkaian proses pengendalian mutu yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Memiliki sertifikat halal akan meningkatkan kepercayaan konsumen, khususnya konsumen muslim. Keterangan halal menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi konsumen dalam memilih produk kuliner. Kepemilikan sertifikat halal oleh pelaku UMKM di bidang kuliner akan menghilangkan keraguan calon konsumen dan meningkatkan kepercayaan dalam membeli produk kuliner tersebut.

  1. Menawarkan Keunggulan Produk yang Unik

Unique selling point merupakan salah satu strategi pemasaran untuk membuat produk memiliki nilai lebih dibandingkan pesaing. Dengan memiliki sertifikat halal, produk Anda menjadi lebih terjamin dan memiliki kualitas yang unggul dibandingkan dengan kompetitor yang tidak memiliki sertifikat halal.

  1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Di era digital saat ini, produk UMKM di bidang kuliner dapat menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk pasar global. Dengan memiliki sertifikasi halal, produk Anda memiliki nilai tambah bagi konsumen yang ingin memperoleh produk halal dan berkualitas, terutama di negara atau wilayah dengan mayoritas penduduk muslim.

Dalam menghadapi tantangan pengurusan NIB dan sertifikat halal, perlu adanya dukungan pemerintah dan lembaga terkait untuk memberikan pendampingan, sosialisasi, dan kemudahan dalam proses administratif. Dengan demikian, pelaku UMKM di Indonesia dapat lebih mudah memenuhi persyaratan ini dan meningkatkan potensi bisnis mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Untuk memastikan kesuksesan dan pertumbuhan UMKM di Indonesia, penting bagi para pelaku usaha untuk memenuhi persyaratan NIB dan sertifikat halal. Jangan biarkan kendala-kendala administratif menghambat perkembangan bisnis Anda. Dapatkan bantuan yang Anda butuhkan dari Chayra Solusi Legalitas Usaha.

Chayra Solusi Legalitas Usaha siap membantu Anda dalam pengurusan NIB dengan mudah dan efisien. Dengan pengalaman yang luas dan tim profesional yang kompeten, kami akan memastikan proses pengurusan NIB Anda berjalan lancar, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Jangan sia-siakan peluang Anda. Segera ambil langkah tegas menuju kesuksesan dengan Chayra Solusi Legalitas Usaha. Bersama, kita dapat mewujudkan potensi penuh UMKM di Indonesia.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca