Salah satu strategi perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa mereka adalah dengan menggunakan identitas seperti logo yang memiliki ciri khas. Namun, tahukah Anda perbedaan logo dan maskot? Keduanya memang sering dianggap sama oleh sebagian besar orang.
Padahal, logo dan maskot adalah dua hal yang berbeda, meski tujuan dan penggunaannya sama-sama menguntungkan bagi perusahaan. Contoh logo maskot yang sering kita jumpai adalah segala jenis simbol atau identitas suatu perusahaan atau bisnis.
Kenapa Menggunakan Logo dan Maskot?
Bagi Anda yang merupakan seorang pengusaha, mengetahui perbedaan logo dan maskot adalah hal yang penting karena keduanya dapat menjadi tanda pengenal perusahaan bagi konsumen, sehingga konsumen akan semakin mengenal produk atau jasa Anda.
Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda
Pada dasarnya, logo simbol maupun maskot merupakan dua hal yang tergolong sebagai perwakilan dari sebuah entitas untuk tujuan yang sama, yaitu membantu memasarkan perusahaan Anda kepada pembeli.
Keberadaan logo dan maskot sebagai identitas perusahaan dapat menaikkan value brand dan menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen. Selain itu, ada beberapa keuntungan dari logo maupun maskot untuk perusahaan :
- Mudah dikenal oleh konsumen karena biasanya logo atau brand perusahaan memiliki nilai filosofinya sendiri dalam mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan
- Sebagai pengingat Dengan adanya logo atau maskot, perusahaan Anda akan mudah dikenal oleh banyak orang, terlebih jika Anda menggunakan maskot yang nyentrik dan memiliki ciri khas yang unik
- Meningkatkan performa brand, terutama jika menggunakan maskot untuk identitas perusahaan Anda karena biasanya maskot memiliki visual dan karakter dengan kepribadian yang menarik bagi konsumen
- Menghidupkan suasana karena kehadiran dari jenis-jenis logo ini dapat memberikan kesan menarik dari segi komunikasi visualnya
- Sebagai nilai tambah. Hal ini karena dengan menggunakan maskot ataupun logo, perusahaan akan kemungkinan besar mendapatkan penjualan atau pembelian yang banyak dari konsumen
Apa yang Dimaksud dengan Logo?
Logo adalah berupa simbol atau tulisan yang didesain untuk membantu audiens lebih mengutamakan pengenalan terhadap suatu brand dari perusahaan. Bisa dibilang, logo dapat membuat simbol grafis yang lebih sempurna dari maskot.
Ciri-ciri logo biasanya dilengkapi dengan tulisan beserta gambar atau yang disebut dengan jenis logo kombinasi. Apa yang dimaksud logo kombinasi? Sesuai namanya, jenis logo yang satu ini memadukan elemen tulisan beserta simbol ataupun gambar agar lebih mudah diingat.
Logo sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk :
1. Wordmark
Beberapa brand menggunakan logo jenis ini karena cukup simple, yaitu berbentuk tulisan dengan menggunakan nama brand secara singkat. Contoh logonya adalah Coca-Cola, Google, Facebook, dan masih banyak lagi.
2. Letter Mark
Jenis logo ini dicirikan berbentuk tulisan dengan menyiapkan inisial atau singkatan nama dari brand. Contoh letter mark adalah logo Apple, Twitter, WWF, Channel dan masih banyak lagi.
3. Pictorial Mark
Pictorial mark merupakan ikon atau lambung grafis, contohnya seperti logo Apple dan Shell.
4. Logo Kombinasi
Tahukah Anda perbedaan logo dan maskot terletak pada poin ini. Logo ini adalah logo yang mengombinasikan lettermark, logo Doritos Burger King, dan Youtube.
Apa yang Dimaksud dengan Maskot?
Apa bedanya logo dan maskot? Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa perbedaan keduanya karena sama-sama memiliki keuntungan. Seperti namanya, maskot adalah bentuk karakter untuk produk brand perusahaan.
Biasanya, maskot lebih menonjolkan keunggulan warna, font, dan bentuknya.Contoh maskot yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah badut McD, Wendy’s, dan Mixue. Ketiga contoh perusahaan tersebut menggunakan maskot untuk promosi.
Selain itu perbedaan logo dan maskot, maskot biasanya berupa bentuk dari sebuah karakter tertentu, sehingga dapat terlihat menonjol dengan melibatkan ilustrasi serta karakter bergambar.
Jadi, untuk bedanya sendiri ada pada bentuk dan fisik dari simbol atau identitas tersebut. Jika logo merupakan gabungan dari tulisan dan gambar, maka maskot berupa gambaran atau karakter fiktif yang unik dan menarik.
Contoh logo maskot lainnya adalah pringles, Oppo, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis logo yang bisa menggunakan huruf atau sebuah lambung bermakna, yaitu perusahaan, brand, nama, sama event lain.
Penutup
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan logo dan maskot. Apakah Anda tidak tertarik untuk menggunakan salah satu dari keduanya sebagai media promosi? Tak perlu ragu Anda bisa konsultasi bersama chayra.id.
Apakah kabar ini berguna?
Anda yang tentukan bintangnya!
Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7
Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.
Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.
Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!