Bukan Hanya Rencana, Lakukan 5 Langkah Awal Memulai Usaha dari Rumah

0
(0)

Sebuah langkah awal memulai usaha dari rumah membutuhkan niat dan kepercayaan diri. Ya, percaya diri sangat penting karena jika tidak, usaha hanya rencana saja sebab tidak ada keberanian untuk action.

Agar tidak hanya rencana saja, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melangkah memulai sebuah bisnis. Caranya seperti apa, cek terus dalam artikel berikut ini.

5 Langkah Awal Memulai Usaha dari Rumah

Mengetahui cara memulai usaha dari nol adalah langkah awal membangun bisnis dari rumah. Semua dapat melakukan jika memang memiliki niat mendapat penghasilan tambahan tanpa harus ‘ngantor’.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Dengan langkah benar, ‘ngantor’ bisa dari rumah saja tapi agar tidak salah langkah, ada beberapa hal utama yang perlu mendapat perhatian, yaitu:

1. Menentukan Jenis Usaha

Mau bisnis tapi bingung bisnis apa hampir dialami pada sebagian orang, dan itu wajar adanya. Untuk menentukan bisnis bisa memulai dari hobi. Sangat praktis, simpel dan pastinya suka karena merupakan hobi.

Contohnya suka menulis, bisa ide membuat agensi kepenulisan. Apabila suka memancing, dapat membuka toko pernak pernik urusan memancing. Jika aktif senam, dapat menjual baju senam dan segala aksesorisnya.

2. Timing Pas

Usaha yang bagus jika mengikuti tren saat itu tapi harus memikirkan apakah bagus jangka panjangnya. Misalnya saja sedang populer sepak bola atau badminton, bisa menjadi ide bisnis untuk berjualan sepatu atau raket second yang modalnya minim.

Apabila sedang naik tren kicau burung, membuka toko atau warung pakan burung dan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan burung. Timing pas akan memudahkan dalam hal promosi supaya bisnis bisa langsung dikenal banyak kalangan.

3. Mengetahui Modal

Cara awal memulai usaha kecil dengan mengetahui kebutuhan modal. Jika nol modal, maka pilih usaha yang  mengandalkan skill. Contohnya menjahit, menulis, menguasai bahasa asing dan sejenisnya.

Jika ada modal sedikit atau agak banyak, dapat memilih bisnis yang sesuai dengan modal yang dimiliki. Mengetahui berapa modal yang diperlukan sangat penting agar modal usaha tidak perlu berhutang.

4. Perencanaan

Bagaimanapun juga, ingin langkah awal memulai usaha dari rumah memang membutuhkan rencana matang.

Catat kebutuhan apa saja yang perlu dan tidak perlu membeli yang baru jika sudah memilikinya. Apakah membutuhkan karyawan atau dilakukan sendiri dan lain sebagainya.

Perencanaan bisnis dengan modal kecil harus cerdas melihat peluang dan bagaimana caranya agar dana mencukupi. Semuanya tergantung kreativitas dan manajemen pengelolaan keuangan.

5. Melakukan Usaha

Langkah terakhir adalah melakukan usaha yang telah dirancang. Walaupun, pada awalnya akan muncul keraguan, rasa malu dan khawatir. Kemungkinan usaha tidak laku, gagal dan lain sebagainya yang seakan mendramatisir keadaan.

Hiraukan pikiran negatif yang muncul, dengan melakukan maka akan terlihat bagaimana sebuah bisnis berkembang atau tidak.

Memulai langkah awal dalam sebuah bisnis membutuhkan semangat dan niat yang kuat. Jika tidak akan berhenti di awal bahkan mungkin usaha tersebut tidak akan terlaksana sama sekali. Tetap lakukan yang terbaik dan hasilnya akan terlihat optimal.

Penutup

Memastikan jenis bisnis yang akan digeluti adalah langkah awal memulai usaha dari rumah. Selanjutnya melihat modal dan perencanaan yang matang lalu melakukan bisnis secara optimal. Apapun hasilnya lakukan yang terbaik dan hasil akan mengikuti.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca