7 Jenis dan Contoh Hak Kekayaan Intelektual Lengkap dengan Pembahasannya

0
(0)

Dalam konteks penciptaan karya terdapat contoh hak kekayaan intelektual yang diharuskan untuk didaftarkan. Hasil karya intelektual sebagai jerih payah seseorang atau sekelompok orang yang mengandung nilai ekonomis.

Jenis dan Contoh Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual biasa disebut dengan HKI merupakan hasil dari sebuah kreativitas yang mengandung nilai ekonomis tinggi. Apabila sebuah karya, brand atau hasil intelektual ini tidak dipatenkan, maka bisa saja terjadi penjiplakan atau hal lain yang merugikan.

Untuk mengantisipasinya, harus mendapatkan kekuatan hukum atas karya atau ciptaannya. Tujuannya adalah:

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

  • Peningkatan daya kompetensi dan pangsa pasar dari karya.
  • Melakukan antisipasi terhadap karya orang lain.
  • Sebagai bahan pertimbangan penentuan riset dan usaha perindustrian Indonesia.

Apabila telah ada kekuatan hukumnya, sebuah karya yang dijiplak atau ditiru bisa diantisipasi segera. Ada berapa macam jenis dari HAKI atau hak atas kekayaan intelektual? Pembahasan dan contoh lengkapnya sebagai berikut:

1. Merek

Merek merupakan tanda, logo dengan tampilan grafis bisa berupa nama, kata, huruf atau susunan warna. Bentuknya dapat dua dimensi, tiga dimensi, hologram atau kombinasi keduanya dan bisa lebih.

Contoh dari merek tentu sangat familiar dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contoh merek adalah Honda, Toyota, BMW dan yang lainnya.

2. Paten

Paten merupakan hak eksklusif bagi penemu atas temuan dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya negara yang memberikan hak paten jika temuannya luar biasa. Contoh hak paten aeronautika dengan penemu BJ. Habibie, cakar ayam yang ditemukan Sudijatmo.

3. Hak Cipta

Kekayaan intelektual berikutnya adalah hak cipta, yaitu hak eksklusif bagi pencipta hak untuk memberikan izin atas ciptaannya.

Hak cipta untuk memperbanyak, mengumumkan tanpa mengurangi pembatasan berdasar aturan undang-undang yang berlaku.

Contoh dari hak cipta antara lain:

  • Tari
  • Koreografi
  • Pewayangan
  • Seni rupa mencakup kaligrafi, pahat, kolase dan sejenisnya.
  • Buku
  • Pamflet
  • Peta
  • Arsitektur
  • Lagu

Masih banyak lagi hak cipta lainnya dan sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari.

4. Desain Industri

Desain industri merupakan kekayaan intelektual berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Biasanya untuk menghasilkan produk kerajinan tangan dalam dunia kreatif industri. Contoh hak cipta detail industri bentuk laptop atau android.

5. Rahasia Dagang

Kekayaan intelektual lain berupa rahasia dagang untuk bisnis terkait ekonomi yang tidak diketahui masyarakat secara luas. Misalnya metode produksi, pengolahan dan penjualan yang merupakan rahasia perusahaan.

6. Desain Tata Letak

Hak intelektual yang bernilai berikutnya adalah desain tata letak sirkuit terpadu yang terintegrasi sebagai industri produk elektronik. Contohnya chip dengan komponen rumit dalam laptop.

7. Indikasi Geografis

Indikasi geografis adalah sebuah hak kekayaan intelektual yang menunjukkan suatu produk berasal sesuai daerah asalnya. Contohnya Kopi Arabika Kintamani Bali atau tembakau hitam Sumedang.

Begitu pentingnya kekayaan hak intelektual sehingga memerlukan perlindungan hukum secara akurat. Mengurusnya memang membutuhkan proses akan lebih baik menggunakan jasa layanan terpercaya.

Penutup

Dengan mengetahui contoh hak kekayaan intelektual lebih mendalam akan tahu bahwa sebuah karya membutuhkan legalitas hukum. Rekomendasi untuk perlindungan hukum suatu karya intelektual adalah Chayra Solusi HKI. Melalui Chayra Solusi HKI maka pengurusannya lebih mudah dan praktis.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca