Jenis Jenis HKI Lengkap dengan Penjelasannya

5
(9)

Terdapat jenis jenis HKI yang perlu diketahui karena penting dan berhubungan dengan kreativitas. Kekayaan intelektual perlu legalitas agar sebuah karya tidak mudah dijiplak atau ditiru.

7 Jenis Jenis HKI yang Harus Diketahui

Singkatan dari HKI adalah Hak Kekayaan Intelektual sedangkan HAKI merupakan Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Kekayaan intelektual merupakan olah pikir dari manusia berupa sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa karya seni, dalam hal ilmu pengetahuan, teknologi dan lain sebagainya.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Kekayaan intelektual sangat mahal harganya karena tidak sembarang orang mampu membuatnya. Adapun jenis-jenis HAKI dan contohnya dapat cek berikut ini.

1. Paten

Paten merupakan suatu hak eksklusif yang diberikan negara pada seseorang atau inventor dalam waktu tertentu.

Hak paten sebuah karya yang belum ada sebelumnya dan hasilnya berguna untuk kemaslahatan umat. Misalnya saja karya BJ Habibie berupa aeronautika dan cakar ayam karya Sudijatmo.

2. Desain Industri

Desain industri adalah salah satu hak kekayaan intelektual suatu kreasi bentuk, konfigurasi garis warna dan atau gabungan keduanya. Hasilnya kesan estetik dan memberi manfaat bagi khalayak.

Komoditas industri yang marak sekarang antara lain industri komputer atau laptop dan berbagai jenis android.

3. Hak Cipta

Jenis-jenis hak cipta intelektual yang familiar dalam masyarakat adalah hak cipta. Hak cipta merupakan hak berdasar prinsip deklaratif setelah sebuah produk tercipta secara nyata.

Hak paten cakupannya luas contohnya dalam bidang cipta lagu, karya seni, drama, tari, buku, pamflet dan masih banyak lagi yang lain.

4. Merek

Berbagai merek terkenal sudah menjadi tanda yang penampilannya berupa grafis, logo, bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, hologram dan lainnya.

Merek berguna untuk membedakan kegiatan perdagangan dan atau jasa antara satu dengan lainnya. Meskipun barang yang diproduksi sejenis dengan merek yang berbeda tentu berbeda barangnya.

Contoh hak kekayaan intelektual merek adalah Honda, BMW, Aqua atau Toyota.

5. Indikasi Geografis

Pengertian dari kekayaan intelektual indikasi geografis adalah tanda daerah karena faktor geografis yang memberikan reputasi dan karakteristik tertentu. Karakteristik yang ada dalam sebuah produk karena hanya ada pada daerah tersebut.

Manfaat dari indikasi produk untuk memperkecil adanya persaingan curang, terdapat jaminan kualitas produk dan melestarikan kebudayaan lokal. Contoh Kopi Arabika Kintamani dari Bali.

6. Rahasia Dagang

Arti dari rahasia dagang adalah hak kekayaan intelektual sebagai bagian dari informasi perusahaan yang tidak boleh tersebar luas. Misalnya dalam pengolahan dan penjualan yang menjadi rahasia suatu perusahaan.

7. Sirkuit Terpadu dan Desain Tata Letaknya

Salah satu kekayaan intelektual yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah rancangan sirkuit terpadu dan desainnya. Tidak semua orang ahli dalam pengembangan sirkuit bidang teknologi ini untuk itu membutuhkan semacam legalitas agar tidak mudah dijiplak.

Tujuh jenis HKI sangat penting dan membutuhkan legalitas resmi agar aman, tidak banyak yang mencontek dan sesuai aturan berlaku.

Jasa Layanan Konsultasi dan Perlindungan HKI

Apabila bingung mencari jasa layanan dalam pengurusan HKI, khususnya pendaftaran merek dan pencatatan hak cipta dapat langsung ke Chayra Solusi HKI. Chayra Solusi HKI adalah layanan dari Chayra.ID yang memberikan pelayanan terbaik dalam perlindungan HKI dan bisnis modern dengan upaya maksimal.

Penutup

Mengetahui adanya jenis jenis HKI memberikan wawasan baru terkait kekayaan intelektual supaya lebih aman dan tidak mudah dijiplak. Selain itu sangat bagus untuk perkembangan bisnis secara lebih modern.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 9

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca