Alasan Kenapa Anak Muda Punya Peran Penting Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pajak

4.3
(7)

“Pajak merupakan dukungan penting bagi negara dalam melakukan pembangunan. Oleh karena itu, penting untuk memahami peran pajak dalam kehidupan warga negara dan kemajuan bangsa Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menekankan pentingnya pendidikan, sosialisasi, dan pemahaman tentang perpajakan sejak dini.”

Negara memerlukan dukungan dari pajak untuk melakukan pembangunan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa pajak sangat diperlukan untuk kehidupan warga negara dan kemajuan bangsa Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menekankan pentingnya pendidikan, sosialisasi, dan pemahaman tentang perpajakan sejak dini. Menurut Sri Mulyani, penerimaan pajak sangat berpengaruh pada kondisi negara.

Mengerti pentingnya perpajakan sejak dini akan membantu mengubah kesadaran warga negara terkait perpajakan. Oleh karena itu, diperlukan upaya edukasi dan sosialisasi pajak yang dapat diterima oleh semua kalangan, dengan menggunakan berbagai medium, khususnya medium yang cocok untuk generasi muda saat ini. Generasi muda merupakan harapan negara untuk meningkatkan kepatuhan warga negara dalam bidang perpajakan.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Oleh karena itu, pemerintah harus terus berusaha untuk meningkatkan kesadaran pajak di kalangan generasi muda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan materi dan konten yang dekat dengan keseharian anak muda dan mengaitkannya dengan informasi perpajakan, serta menyebarkannya melalui medium yang ramah dengan anak muda.

Sekarang, cara untuk melakukan edukasi tentang perpajakan menjadi lebih mudah. Terutama dengan adanya media digital yang banyak digunakan oleh generasi muda. Kemajuan teknologi yang cepat dan tingkat adaptasi generasi muda terhadap teknologi, memungkinkan pemerintah untuk menyebarkan informasi tentang edukasi perpajakan dengan lebih efektif, misalnya dengan menggunakan media sosial.

Salah satu yang dapat dicontoh dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan kepopuleran TikTok adalah Dirjend Dukcapil. Lewat akun TikTok-nya @zudanariffakrulloh, Zudan berinteraksi langsung menjawab berbagai permasalahan Administrasi kependudukan yang ditanyakan netizen. Salah satu konten dengan viewer terbanyak membahas tentang pertanyaan dari salah satu netizen tentang penggantian foto KTP. Dengan keberhasilannya dalam membuat konten, sejumlah netizen pun memberi komentar positif dan berterima kasih dengan upaya aktif Dirjen Dukcapil ini.

Selain menerima edukasi tentang perpajakan, generasi muda juga dapat berperan dalam menyebarkan informasi tentang perpajakan kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial. Generasi muda dapat diajak untuk membuat berbagai jenis konten seperti vlog, podcast, atau film pendek yang berisi tentang pentingnya membayar pajak, pelayanan pajak, tata cara memenuhi kewajiban perpajakan, atau penggunaan dana dari penerimaan pajak.

Contohnya, Channel YouTube DDTC INDONESIA yang menggandeng perwakilan mahasiswa dalam program Relawan Pajak 2021. Dalam channel ini dibahas mengenai peran relawan pajak dalam meningkatkan kepatuhan pajak di Indonesia. Video tersebut cukup menarik perhatian netizen dan berhasil ditonton oleh 3,3 ribu penonton.

Partisipasi generasi muda memiliki peran penting dalam bidang perpajakan karena mereka dapat menjadi subjek wajib pajak baru. Terutama bagi mahasiswa, dengan pemahaman dan pengetahuan yang luas, mereka dapat membahas permasalahan perpajakan secara langsung dengan dosen, teman, atau masyarakat umum untuk menemukan solusi atas masalah tersebut. Hal ini dapat meminimalkan pola pikir dan persepsi negatif tentang pajak dan diharapkan dapat meningkatkan kondisi perpajakan di Indonesia.

Anak muda memiliki peran penting dalam memberikan edukasi tentang perpajakan kepada masyarakat. Mereka merupakan generasi yang akan menjadi penerus bangsa dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi dan media sosial. Dengan partisipasi aktif anak muda dalam memberikan edukasi perpajakan, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.

Pemerintah juga harus menyediakan fasilitas dan program yang mendukung upaya edukasi perpajakan oleh anak muda, sehingga dapat meningkatkan peran anak muda dalam memajukan negara melalui peningkatan pendapatan pajak.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 4.3 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca