Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial Untuk Pelaku UMKM

5
(1)

“Pandemi Covid-19 telah mengubah cara para pelaku bisnis, khususnya UMKM di Indonesia, menjalankan usahanya. Pelajari bagaimana UMKM dapat meningkatkan penjualan melalui media sosial dengan memperhatikan target pemasaran, membuat konten yang menarik, dan merespon cepat.”

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara para pelaku bisnis, khususnya UMKM di Indonesia, menjalankan usahanya. Sebuah survey yang dilakukan oleh Sea Insights menunjukkan bahwa 54% pelaku UMKM menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Pernyataan ini didukung oleh Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, yang menyatakan bahwa 42% pelaku UMKM menggunakan platform digital untuk tetap beroperasi dan bertahan di tengah pandemi.

Namun, para pelaku UMKM tetap menghadapi beberapa tantangan dalam menggunakan teknologi, seperti kapasitas produksi, kualitas produk, dan literasi digital. Selain itu, para pelaku UMKM juga harus memperhatikan faktor-faktor seperti pasokan barang, arus kas, dan permintaan, serta kesulitan akses internet yang mahal dan tidak stabil.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Meskipun demikian, media sosial tetap memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku UMKM. Terdapat 3 manfaat penting yang dapat dirasakan oleh para pelaku UMKM, yaitu sebagai wahana informasi produk atau jasa, sarana untuk mendekatkan pelanggan, dan sarana promosi dengan biaya terjangkau. Media sosial dapat digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa ke pasar yang lebih luas, membangun kedekatan dengan pelanggan, dan meningkatkan branding bisnis tanpa biaya yang besar.

Sebelum memulai menggunakan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan penjualan, UMKM harus memperhatikan beberapa hal penting. Berikut ini adalah 3 hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM:

Pertama, Target Pemasaran. Para pelaku UMKM perlu menentukan target pemasaran yang ingin dituju. Dengan mengenali dan memperkuat target pemasaran, produk atau jasa yang ditawarkan akan lebih diminati oleh calon pembeli.

Kedua, Membuat konten yang menarik. Konten adalah kunci dalam berkomunikasi dengan calon pembeli. Konten yang menarik dan berguna akan membuat orang-orang mengenal dan menyukai produk atau jasa yang ditawarkan.

Ketiga, Respon cepat. Menggunakan media sosial berarti harus siap untuk merespon setiap pertanyaan dari calon konsumen. Kecepatan respon akan membuat calon pembeli merasa nyaman dan percaya terhadap produk atau jasa yang dijual.

Secara keseluruhan, memperhatikan hal-hal di atas akan membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial. Dengan menyediakan target pemasaran yang jelas, membuat konten yang menarik, dan merespon cepat, UMKM dapat meningkatkan kesadaran akan produk atau jasa yang ditawarkan dan meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca