Yuk Kenali Apa Itu Badan Usaha Berbadan Hukum

0
(0)

Istilah badan usaha berbadan hukum hampir setiap hari terdengar di telinga, namun tak banyak yang benar-benar paham. Padahal keberadaan jenis badan usaha tersebut sangat penting baik bagi perorangan yang merupakan pegawainya atau bagi para pelaku usaha.

Nah agar Anda semakin paham apa pengertian serta berbagai bentuk badan usaha yang berbadan hukum, yuk simak uraian detailnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Badan Usaha Berbadan Hukum

Badan Usaha adalah suatu bentuk lembaga yang memiliki sistem pengumpulan modal dan produksi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Lembaga ini dapat berbentuk perorangan, kumpulan beberapa individu atau malah berupa gabungan dari beberapa perusahan.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Sedangkan pengertian badan usaha berbadan hukum ada banyak sekali. Namun intinya semua lembaga usaha harus berbadan hukum jika terdapat pemisahan harta. Yaitu pemisahan harta antara harta pribadi pemilik atau pendirinya dengan harta milik lembaga usaha itu sendiri.

Contoh lembaga usaha yang berbentuk badan hukum adalah rumah sakit milik pihak swasta. Ketentuan seperti itu terdapat dalam peraturan positif negara, salah satunya ada di Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Namun tak hanya karena ada pemisahan harta kekayaan saja sebuah lembaga usaha wajib berbadan hukum.

Sebab jika di dalam lembaga usaha tersebut ada unsur pendanaan oleh pihak asing bertujuan mendapatkan keuntungan, maka lembaga tersebut juga harus berbadan hukum.

Beberapa Bentuk Badan Usaha yang Berbadan Hukum

Sebuah lembaga usaha yang telah berbadan hukum akan mewajibkan pemiliknya hanya bertanggung jawab sebatas harta lembaga usaha saja. Dalam pelaksanaanya, terdapat beberapa jenis badan usaha yang masuk ke dalam kategori badan hukum, yaitu:

1. PT = Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas atau PT adalah sebuah lembaga usaha yang memiliki ciri-ciri atau ketentuan sebagai berikut:

  1. Merupakan sebuah lembaga persekutuan modal.
  2. Berdiri berdasarkan perjanjian dari para anggotanya.
  3. Terdapat kegiatan usaha dalam rangka mendapatkan keuntungan.
  4. Berdiri melalui proses hukum yang berbentuk berupa pengesahan oleh pemerintah.

Oleh karena Perseroan Terbatas merupakan perkumpulan persekutuan modal, maka ketika terjadi hal yang tak diinginkan, maka pertanggungjawabannya sebatas harta lembaga. Jadi tak sampai melibatkan harta pribadi para pemilik atau pendiri usahanya.

2. Koperasi

Koperasi adalah nama badan usaha lainnya yang juga berbentuk badan hukum. Pengertian koperasi sendiri adalah sebuah organisasi ekonomi yang melandaskan kegiatannya berdasarkan asas kekeluargaan dengan menggunakan prinsip gerakan ekonomi rakyat.

Pemilik koperasi adalah para anggota koperasi itu sendiri. Sedangkan sistem penerimaan anggota bersifat sukarela dan terbuka bagi siapa saja.

3. Yayasan

Berikutnya yang juga termasuk ke dalam badan usaha berbadan hukum adalah Yayasan. Lembaga berbadan hukum ini merupakan sebuah lembaga yang peruntukannya lebih kepada pencapaian tujuan amal di bidang sosial, kemanusiaan atau keagamaan.

Namun selain melakukan berbagai kegiatan amal, yayasan juga melakukan kegiatan ekonomi berupa produksi barang atau jasa. Hasil dari penjualan barang atau jasa tersebut akan berguna sebagai dana penunjang kegiatan operasional Yayasan.

Biasanya hal tersebut terlaksana dengan pendirian sebuah unit usaha untuk meraih keuntungan secara ekonomis.

Penutup

Itulah tadi uraian tentang badan usaha berbadan hukum. Semoga uraian tersebut dapat membantu memperluas wawasan. Khusus bagi Anda yang tengah membangun usaha berupa lembaga berbadan hukum, maka dapat memanfaatkan layanan Chayra Solusi Legalitas Usaha.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca