Wajib Tahu! Beberapa Bidang Usaha Yang Perizinannya Tidak Diurus Melalui OSS RBA

5
(1)

“Permohonan perizinan usaha semakin mudah dengan adanya website OSS RBA yang dikelola oleh pemerintah. Namun, beberapa bidang usaha seperti profesi hukum, penelitian ilmu sosial, dan kehumasan tidak dapat diurus perizinannya melalui OSS RBA. Pelajari lebih lanjut tentang cara mendapatkan perizinan usaha yang tepat untuk bidang usaha Anda.”

Sebelumnya telah dibahas mengenai Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai dokumen perizinan usaha yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha. Permohonan untuk penerbitan NIB pun semakin dimudahkan dengan adanya website OSS RBA yang dikelola oleh pemerintah di bawah Kementerian Investasi/BKPM.

Dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha sebagai perizinan usaha. Informasi yang terdapat dalam dokumen NIB akan menjelaskan KBLI atau bidang usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua bidang usaha dapat diurus perizinannya melalui website OSS RBA yang dikelola oleh pemerintah di bawah Kementerian Investasi/BKPM. Beberapa bidang usaha memiliki kriteria khusus yang menyebabkan perizinannya hanya dapat dikeluarkan oleh lembaga atau instansi tertentu.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Berikut beberapa di antaranya:

Aktivitas Konsultan Hukum

Yang pertama adalah bidang usaha aktivitas konsultan hukum. KBLI dengan kode 69102 ini tidak dapat diterbitkan perizinan usahanya dalam bentuk dokumen NIB. Mengapa demikian? Karena aktivitas konsultan hukum tersebut mengacu pada peraturan bidang profesi masing-masing, seperti advokat yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Seorang advokat dapat membuka praktik dan beracara di pengadilan bukan berdasarkan izin usaha, tetapi setelah disumpah sebagai advokat. Hal yang sama juga berlaku untuk profesi lain seperti notaris yang memiliki aturan dan kode etik tersendiri dalam berpraktek membuka kantor sendiri.

Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial

Yang kedua adalah bidang usaha yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan sosial. KBLI dengan kode 72201 ini pengajuan izin usahanya tidak dilakukan melalui lembaga OSS, melainkan disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan. Jika penelitian dilakukan oleh perseorangan, maka harus mengajukan Surat Keterangan Penelitian (SKP) kepada Bupati/Walikota apabila wilayah penelitian meliputi 1 daerah kabupaten/kota, kepada Gubernur jika yang diteliti lebih dari 1 daerah kabupaten/kota namun masih di provinsi yang sama, atau kepada Menteri Dalam Negeri jika meliputi dua provinsi atau lebih. Selain itu, badan/lembaga riset asing yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan di Indonesia, perlu menyampaikan permohonannya kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bukan melalui lembaga OSS.

Aktivitas Kehumasan atau Public Relation

Berbeda dengan dua bidang usaha sebelumnya yang perizinannya tidak dapat diurus melalui OSS RBA, melainkan mengikuti peraturan perundang-undangan yang terkait, bidang usaha aktivitas kehumasan atau public relation tidak dapat mengajukan perizinan melalui OSS RBA. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka bidang usaha aktivitas kehumasan atau public relation, Anda harus mengurus perizinan melalui instansi yang berwenang seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Itulah beberapa bidang usaha yang tidak dapat diurus perizinannya melalui OSS RBA. Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat membuka bidang usaha tersebut dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengurus izin usaha melalui instansi yang berwenang.

Jika kamu berminat untuk mendirikan PT Perorangan atau CV, dan belum yakin mengenai KBLI yang tepat, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Karena kami siap membantu dan memberikan rekomendasi yang paling tepat untuk usahamu.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca