Tips dan Strategi untuk Perusahaan yang memilih punya Mekanisme Kerja Jarak Jauh

5
(3)

“Kerja fleksibel, hasil optimal: tips dan strategi untuk perusahaan yang memilih kerja jarak jauh”

Semakin maraknya penggunaan teknologi yang dibarengi dengan semakin stabilnya koneksi internet, membuat pengusaha dan juga pekerjanya dapat memilih pendekatan yang lebih fleksibel dalam bekerja. Dengan munculnya berbagai penyakit bersifat pandemi, pilihan untuk bekerja dari jarak jauh menjadi pilihan yang paling baik terutama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan baik pekerja maupun pengusaha. Berikut ini adalah beberapa tips dan strategi yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang memilih untuk mengadopsi mekanisme kerja jarak jauh:

Tetapkan hasil yang diharapkan. Sebagai perusahaan yang menerapkan kerja jarak jauh, sangat penting untuk menyadari bahwa pekerja lebih dominan dalam mengatur waktu kerja. Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan hasil yang lebih jelas yang diharapkan dari pekerja. Misalnya, perusahaan harus membuat daftar pertanyaan seperti tujuan umum perusahaan, pekerjaan yang harus menjadi prioritas, siapa yang bertanggung jawab, berapa jam dalam seminggu waktu kerja yang diminta oleh perusahaan, dan jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu harian atau mingguan.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pantau dan lakukan evaluasi. Praktik manajemen terbaik adalah memantau secara teratur setiap kemajuan dan hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa melihat seberapa jauh target perusahaan dapat dicapai oleh setiap pekerja. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara teratur melalui konferensi tatap muka untuk melakukan evaluasi terhadap target yang dicapai dalam tim kerja maupun perusahaan secara keseluruhan.

Miliki teknologi manajemen SDM. Teknologi manajemen SDM sangat membantu perusahaan dalam memastikan pengawasan, evaluasi, dan bantuan yang mungkin dibutuhkan oleh pekerja. Jika perusahaan belum memiliki teknologi manajemen SDM, perusahaan dapat menggunakan berbagai perangkat dan aplikasi yang tersedia untuk mengelola SDM perusahaan.

Interaksi yang efektif. Bekerja dari jarak jauh atau dari rumah, dapat menimbulkan kebosanan apalagi jika pekerja tidak selalu dapat berhubungan dengan orang lain dalam waktu kerja secara real time. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan dukungan dan semangat kepada pekerjanya agar pekerja dapat selalu termotivasi. Interaksi yang efektif dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti video conference, teleconference, atau email. Dengan berinteraksi secara efektif, pekerja akan selalu mendapatkan update terbaru dari perusahaan dan yang terpenting, meski pekerja lebih banyak bekerja dari jarak jauh, perusahaan dapat memastikan bahwa pekerja tetap merasa terintegrasi dengan tim kerja dan perusahaan.

Flexible working hours. Bekerja dari jarak jauh dapat menyebabkan pekerja lebih banyak bekerja dari rumah, oleh karena itu perusahaan harus memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja. Pekerja harus dapat mengatur waktu kerja sesuai dengan kebutuhan pribadi dan juga kondisi lingkungan kerja.

Pertahankan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik sangat penting bagi setiap perusahaan, terutama dalam situasi kerja jarak jauh. Perusahaan harus memastikan bahwa pekerja dapat selalu terhubung dengan perusahaan dan tim kerja, baik melalui media sosial, email, atau video conference.

Buat jadwal kerja yang jelas. Perusahaan harus menyediakan jadwal kerja yang jelas dan dapat diikuti oleh pekerja. Jadwal kerja harus mencakup waktu kerja, waktu istirahat, dan juga waktu untuk berinteraksi dengan tim kerja. Dengan jadwal kerja yang jelas, pekerja dapat lebih teratur dalam mengatur waktu kerja dan juga dapat lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pastikan akses yang cukup. Bekerja dari jarak jauh memerlukan akses yang cukup untuk teknologi dan juga sumber daya lain yang dibutuhkan oleh pekerja. Perusahaan harus memastikan bahwa pekerja memiliki akses yang cukup untuk perangkat kerja, software, dan juga sumber daya lain yang dibutuhkan.

Perlindungan data dan privasi. Saat bekerja dari jarak jauh, pekerja harus dapat merasa aman dan nyaman dalam menyimpan dan mengakses data perusahaan. Perusahaan harus memastikan bahwa data dan privasi pekerja dilindungi dengan baik dan hanya dapat diakses oleh pekerja yang berwenang.

Jangan lupa untuk mengevaluasi. Seperti halnya dengan setiap strategi atau program, perusahaan harus mengevaluasi keberhasilan program kerja jarak jauh secara berkala. Ini dapat dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan pekerja, tingkat produktivitas, dan juga hasil yang dicapai. Dari hasil evaluasi tersebut, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan program kerja jarak jauh.

Secara keseluruhan, kerja jarak jauh menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan dan juga pekerja. Namun, untuk mencapai hasil yang diharapkan, perusahaan harus memastikan bahwa mekanisme kerja jarak jauh yang digunakan diterapkan dengan baik. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan termasuk menetapkan hasil yang diharapkan, melakukan pantauan dan evaluasi, memiliki teknologi manajemen SDM, menjaga interaksi yang efektif, memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja, mempertahankan komunikasi yang baik, membuat jadwal kerja yang jelas, memastikan akses yang cukup, melindungi data dan privasi, dan jangan lupa untuk mengevaluasi.

Dengan mengikuti tips dan strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pekerja serta menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja dan pengusaha dalam situasi pandemi ataupun tidak.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 3

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca