Tips dan Cara Membuka Usaha Katering Rumahan Anti Gagal

4
(1)

Bisnis dengan berjualan makanan memang salah satu ide usaha yang tidak akan pernah punah. Apalagi jika kamu membuka usaha katering di rumah yang bisa sekaligus menghasilkan  untung banyak. Nah, bagaimana cara membuka usaha katering rumahan yang tepat?

Keberadaan jasa penyedia katering memang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar konsumen, terutama untuk perusahaan atau komunitas tertentu yang sedang mengadakan acara atau event penting. Kamu bisa memanfaatkan keuntungan ini dengan membuka bisnis katering.

Cara Membuka Usaha Katering Rumahan untuk Pemula

Apabila kamu berkeinginan membangun usaha sendiri dengan modal kecil, catering mungkin menjadi salah satu jawabannya. Dengan modal dapur rumah dan beberapa peralatan masak yang diperlukan, kamu sudah bisa menghasilkan keuntungan besar.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Bagaimana tidak? Bisnis katering rumahan ternyata memiliki target pasar yang begitu luas, mulai dari rumah tangga, anak kos, pesanan nasi kotak dan tumpeng oleh karyawan, sekolah, dan masih banyak lagi.

Untuk memulainya, kamu hanya perlu menentukan apa jenis katering yang ingin kamu jalankan karena ada banyak jenis-jenis katering yang sampai saat ini telah ada. Supaya bisnis kamu berjalan lancar, kamu perlu mengetahui cara buka usaha katering rumahan yang tepat.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara membuka usaha katering rumahan untuk pemula sampai bisa meraup banyak keuntungan.

1. Tentukan Jenis Katering

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk memulai bisnis katering makanan kamu perlu menentukan jenis katering yang akan dijalani. Dalam hal ini, diperlukan juga riset pasar supaya bisnis kamu nantinya akan tepat sasaran.

Ada banyak jenis katering yang bisa kamu coba, seperti katering untuk pesta besar atau hajatan, catering untuk perusahaan atau kantor, katering untuk rumahan, dan katering untuk sekolahan. Nah, setelah menentukannya, kamu bisa langsung menentukan target pasar.

Untuk menemukan target pasar yang tepat, kamu harus melakukan riset. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan minat dari orang-orang sekitarmu terkait katering jenis apa yang mereka inginkan.

2. Siapkan Modal, Peralatan, dan Kebutuhan Lainnya

Cara mencari pelanggan katering yang banyak dalam sehari salah satunya adalah dengan menyediakan banyak layanan kepada target sasaran. Artinya, dalam menjalankan bisnis kamu harus bisa memberikan yang terbaik untuk menu katering.

Ini tentunya juga bisa didukung dengan besar modal yang kamu miliki. Untuk bisa membangun usaha yang sempurna, kamu harus menyiapkan modal yang cukup dan dapat mendukung setiap kebutuhan operasional bisnis.

Usaha katering adalah usaha yang tidak hanya membutuhkan modal finansial, tetapi juga modal mental spiritual agar kamu siap menjalani bisnis katering yang serba bisa dan cepat laku.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan segala peralatan masak dan kebutuhan lainnya, seperti kompor gas, kemasan, bahan makanan, dan sebagainya.

3. Tentukan Supplier yang Tepat

Ketika kamu mendirikan bisnis katering rumahan online, kamu perlu mencari supplier terpercaya untuk memasok bahan-bahan makanan. Di tahap ini, kamu dituntut untuk mampu memperhatikan dan mempertimbangkan kualitas barang yang dijual supplier.

4. Atur Brand, Harga, dan Layanan

Supaya bisnis kamu semakin dikenal banyak orang, kamu perlu memberi identitas pada bisnis tersebut. Nah, untuk menambah kesan bagi para konsumen, kamu perlu memberi logo atau nama bisnis dengan nama yang menarik dan unik supaya mudah untuk diingat.

Setelah itu, jangan lupa untuk menentukan harga paket katering. Setelah kamu mengetahui jumlah modal yang dikeluarkan untuk berbagai macam kebutuhan, saatnya kamu menetapkan harga!

Usahakan untuk memberi harga yang mudah dijangkau oleh konsumen, tetapi sesuaikan juga dengan kualitas katering yang kamu berikan. Apabila kamu bingung menetapkannya, kamu bisa meriset harga paket katering rumahan dari bisnis kompetitor.

Supaya bisnis kamu lebih banyak dikenal dan disukai pelanggan, berikan layanan yang menarik, seperti harga promo menarik, tempat katering rumahan yang asri dan nyaman, dan sebagainya.

5. Promosi

Penting untuk bisnis katering rumahan melakukan promosi. Hal ini karena kamu melakukan bisnis secara online yang tidak secara langsung bertatap muka dengan pelanggan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam platform untuk mempromosikan bisnis.

Untuk memulainya, kamu bisa memilih media sosial yang saat ini sedang trend dan membuat akun bisnis di sana.

Penutup

Nah, itu dia cara membuka usaha katering rumahan yang menjanjikan untuk para pemula. Apakah kamu punya ide bisnis katering yang ingin kamu coba?

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 4 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca