Strategi Memulai Usaha Gerobak Bubur Ayam: Modal Kecil dengan Potensi Besar

5
(2)

“Pelajari cara memulai usaha gerobak bubur ayam dengan modal minim. Dari pemilihan resep hingga pengurusan izin usaha, artikel ini memberikan panduan lengkap untuk memulai bisnis bubur ayam yang menguntungkan.”

Membuka usaha gerobak dengan menjual bubur ayam adalah pilihan bisnis yang menarik. Selain tidak memerlukan banyak modal awal, potensi pasar bubur ayam cukup besar mengingat banyaknya penggemar menu ini untuk sarapan. Bahkan, bubur ayam juga sering dianjurkan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan makanan lunak dan rendah minyak. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda siapkan sebelum membuka usaha bubur ayam, tantangan yang mungkin dihadapi, serta cara memperoleh izin usaha untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Prospek Bisnis Bubur Ayam

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Sebagai makanan sehari-hari, bubur ayam memiliki segmen pasar yang luas, mencakup segala usia. Namun, sebelum memutuskan untuk membuka usaha bubur ayam, ada baiknya menyiapkan langkah-langkah berikut.

Resep Bubur Ayam yang Lezat

Langkah pertama dalam membuka usaha bubur ayam adalah menemukan dan memiliki resep yang sedap. Resep ini adalah kunci utama yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Rasa adalah elemen penting yang berkaitan dengan selera dan kesukaan pembeli.

Lokasi Usaha yang Strategis

Memilih lokasi usaha yang strategis sangat penting. Tentukan apakah Anda ingin berjualan secara keliling atau menetap di satu tempat. Pastikan lokasi berjualan tidak mengganggu selera makan pembeli, misalnya, hindari berjualan di dekat selokan atau tempat sampah umum.

Menu Tambahan yang Menarik

Menambahkan menu tambahan pada bubur ayam bisa meningkatkan variasi dan menarik lebih banyak pelanggan. Berikut beberapa ide menu tambahan yang menarik dan populer:

  • Cakwe: Cakwe yang renyah bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk tekstur bubur ayam yang lembut.
  • Telur Ceplok atau Telur Rebus: Menambahkan telur ceplok atau telur rebus bisa membuat bubur ayam menjadi lebih kaya dan mengenyangkan.
  • Sate Ayam: Menawarkan sate ayam kecil sebagai pelengkap bubur bisa menambah cita rasa dan kepuasan pelanggan.
  • Kerupuk: Kerupuk udang atau kerupuk kulit yang gurih dan renyah bisa menambah tekstur yang menyenangkan pada hidangan.
  • Sambal: Menyediakan beberapa jenis sambal, seperti sambal kacang atau sambal terasi, untuk memperkaya rasa bubur.
  • Kacang Tanah Goreng: Menambahkan kacang tanah goreng bisa memberikan tekstur renyah dan rasa gurih yang lezat.
  • Acar: Acar timun atau acar lainnya bisa menambah kesegaran dan sedikit rasa asam yang menyegarkan.
  • Ayam Suwir Pedas: Bagi pecinta rasa pedas, ayam suwir pedas bisa menjadi pilihan tambahan yang menggugah selera.
  • Tahu dan Tempe Goreng: Menambahkan tahu dan tempe goreng yang telah dipotong kecil-kecil bisa menjadi pilihan vegetarian yang menarik.
  • Ikan Teri Goreng: Ikan teri goreng menambahkan kalsium dan rasa asin yang khas, cocok untuk penggemar seafood.
  • Sayuran: Menawarkan beberapa pilihan sayuran seperti bayam atau sawi yang sudah disiapkan bisa menambah nilai gizi dan warna pada bubur.

Menawarkan variasi menu tambahan ini tidak hanya meningkatkan pilihan bagi pelanggan tetapi juga bisa meningkatkan kepuasan dan membedakan usaha Anda dari kompetitor lain.

Izin Usaha dan Nomor Induk Berusaha (NIB)

Untuk menjalankan usaha gerobak bubur ayam, Anda perlu mengurus izin usaha dan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). Usaha gerobak bubur ayam masuk dalam kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 56104, yaitu Penyediaan Makanan Keliling/Tempat Tidak Tetap. Kelompok ini mencakup usaha jasa pangan yang menjual dan menyajikan makanan siap dikonsumsi yang didahului dengan proses pembuatan dan biasanya dijual dengan cara berkeliling, seperti tukang bakso keliling, tukang gorengan keliling, tukang otak-otak keliling, tukang empek-empek keliling, dan lain-lain.

Langkah-langkah Mengurus NIB:

  • Registrasi Online: Buka laman resmi Online Single Submission (OSS) di www.oss.go.id dan lakukan registrasi.
  • Isi Formulir: Masukkan data diri dan data usaha yang diperlukan pada formulir online.
  • Validasi Data: Tunggu proses validasi data yang akan dilakukan oleh sistem OSS.
  • Cetak NIB: Setelah data divalidasi, Anda dapat mencetak NIB yang sudah disetujui.

Dengan memiliki NIB, usaha Anda akan memiliki legalitas yang diakui oleh pemerintah dan dapat memudahkan proses izin-izin lainnya.

Tantangan dalam Bisnis Bubur Ayam

Usaha bubur ayam merupakan salah satu usaha yang paling umum di Indonesia, sehingga persaingan sangat ketat. Namun, dengan semangat usaha dan kreativitas, tantangan ini bisa diatasi. Kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan, terutama jika Anda berjualan secara keliling yang berisiko lebih tinggi terkena debu dan kuman dari jalanan.

Modal Awal

Modal awal untuk memulai usaha bubur ayam keliling dengan menggunakan gerobak bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, seperti lokasi, kualitas bahan, dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah rincian perkiraan biaya yang mungkin diperlukan:

  • Gerobak: Biaya gerobak bisa berkisar dari Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000, tergantung pada ukuran dan kualitas material.
  • Peralatan Masak: Termasuk kompor gas, panci, dan peralatan makan seperti mangkuk, sendok, dan lainnya. Perkiraan biaya untuk ini adalah sekitar Rp 1.000.000.
  • Bahan Baku: Bahan baku untuk membuat bubur ayam seperti beras, ayam, bawang goreng, kecap, dan bumbu-bumbu lainnya. Biaya bahan baku awal bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 tergantung pada volume pembelian dan kualitas bahan.
  • Biaya Lainnya: Termasuk biaya gas, transportasi, dan biaya-biaya tak terduga lainnya. Anda mungkin perlu menyediakan dana sekitar Rp 500.000 untuk ini.

Secara total, Anda mungkin memerlukan modal awal sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000 untuk memulai usaha bubur ayam keliling. Ini adalah estimasi kasar dan biaya aktual bisa berbeda berdasarkan kondisi setempat dan pilihan yang Anda buat terkait kualitas dan skala usaha.

Kesimpulan

Membuka usaha gerobak bubur ayam memiliki prospek yang baik dengan persiapan yang tepat dan pengelolaan yang baik. Mulai dari resep yang lezat, lokasi yang strategis, hingga manajemen kebersihan dan layanan yang prima, semuanya berkontribusi pada kesuksesan usaha ini. Dengan semangat dan kreativitas, tantangan apapun dapat diatasi, menjadikan usaha bubur ayam sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca