Siapa yang Berhak Memberikan Nasihat Hukum?

5
(12)

Anda ingin mendapatkan nasihat hukum untuk usaha Anda? Jika iya, Anda bisa mendapatkan nasihat hukum di jasa hukum online yang bisa Anda ketahui. Kira-kira, siapa yang berhak memberikan nasihat hukum?

Tentunya, dalam memberikan nasihat hukum, tidak bisa diberikan oleh sembarang orang. Orang yang berhak memberikan nasihat hukum adalah orang yang memiliki wewenang dan pengetahuan mengenai hukum.

Jadi, tidak sembarang orang bisa dan berhak melakukannya. Bahkan, orang yang berhak memberikan nasihat hukum pun harus mengikuti prosedur hukum agar tidak sembarangan memberikan nasihat hukum kepada kliennya.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Nasihat Hukum

Bagi Anda yang baru memulai usaha, pastinya Anda membutuhkan nasihat hukum agar usaha Anda dapat berjalan lancar sesuai peraturan yang berlaku.

Sebelum mengetahui siapa yang berhak memberikan nasihat hukum, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu nasihat hukum?

Nasihat hukum atau dalam bahasa Inggris disebut legal advice adalah opini maupun saran yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kewenangan dalam hukum kepada klien yang membutuhkan mengenai permasalahan hukum.

Penasihat Hukum

Siapa yang berhak memberikan nasihat hukum? Tentu, jawabannya penasihat hukum, lalu kira-kira, siapa penasihat hukum? Singkatnya, penasihat hukum adalah orang yang berhak memberikan nasihat atau konsultasi hukum kepada klien mengenai permasalahan hukum.

Anda pun bertanya-tanya, apakah pengacara dan penasihat hukum itu sama? Berdasarkan UU Advokat, pengacara dan penasihat hukum tidak ada perbedaan alias sama. Jadi, tak heran keduanya sering disebut advokat, yaitu orang yang memberikan jasa hukum.

Untuk menemukan penasihat hukum, Anda bisa mendapatkan di berbagai jasa hukum baik secara offline maupun online.

Anda pun bisa melakukan konsultasi kepada penasihat hukum dengan gratis maupun kisaran biaya yang telah ditawarkan oleh jasa hukum tersebut.

Tugas Penasihat Hukum

Setelah mengetahui siapa yang berhak memberikan nasihat hukum, seharusnya Anda sudah tahu apa tugas dari penasihat hukum? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai beberapa tugas penasihat hukum, di antaranya:

1. Memberikan Nasihat Hukum pada Klien

Sebagai penasihat hukum, Anda wajib memberikan nasihat dan pendapat hukum pada klien. Nasihat hukum diberikan agar klien terjauh dari hukuman yang kemungkinan terjadi di masa depan.

2. Mencari Fakta Permasalahan Hukum

Selain memberikan nasihat hukum, Anda juga wajib mencari fakta permasalahan hukum yang sedang dialami klien. Jadi, Anda mencari kebenaran permasalahan hukum, kemudian baru bisa memberikan nasihat maupun saran kepada klien.

3. Menjawab Pertanyaan pada Klien

Tak hanya itu, Anda juga harus menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh klien. Dalam menjawab pertanyaan dari klien, Anda harus tetap mengikuti prosedur yang sesuai dengan hukum.

Jasa Penasihat Hukum

Anda sedang mencari jasa penasihat hukum secara online? Anda bisa memilih jasa penasihat hukum online terpercaya, seperti Chayra Solusi Hukum. Untuk selengkapnya, Anda bisa melihat layanan yang ditawarkan Chayra Solusi Hukum , salah satu layanan unggulan persembahan chayra.id.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai nasihat hukum, penasihat hukum, tugas, hingga jasa penasihat hukum yang bisa Anda ketahui. Jadi, dari penjelasan di atas, Anda pun sudah mengetahui siapa yang berhak memberikan nasihat hukum.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 12

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca