Perlindungan Konsumen dalam Sengketa: Pentingnya Kesadaran dan Pengetahuan

5
(1)

“Sengketa konsumen merupakan permasalahan yang berkenaan dengan pelanggaran hak-hak konsumen. Perlindungan yang memadai sangat penting dan mendesak. Pelajari tentang hak dan kewajiban konsumen serta perbuatan yang dilarang dilakukan oleh pelaku usaha dalam artikel ini.”

Sengketa konsumen merupakan permasalahan yang berkenaan dengan pelanggaran hak-hak konsumen. Lingkupnya meliputi semua aspek hukum, termasuk keperdataan, pidana, dan tata usaha negara. Menurut Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 350/MPP/Kep/12/2001, sengketa konsumen adalah perselisihan antara pelaku usaha dengan konsumen yang menuntut ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, atau kerugian yang diderita akibat mengkonsumsi barang atau memanfaatkan jasa.

Kondisi ini menunjukkan bahwa posisi pelaku usaha dan konsumen tidak seimbang, dengan konsumen berada dalam posisi yang lemah. Konsumen menjadi obyek aktivitas bisnis untuk meraup keuntungan dengan memanfaatkan rendahnya kesadaran hak konsumen. Oleh karena itu, perlindungan yang memadai terhadap kepentingan konsumen sangat penting dan mendesak, terutama mengingat masalah perlindungan konsumen yang kompleks dan era perdagangan bebas yang akan datang.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Untuk memberikan perlindungan konsumen, Pemerintah telah mengeluarkan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 1 angka 1 UUPK menyatakan bahwa perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. Dalam menyelesaikan sengketa konsumen dengan pelaku usaha, UU telah mengatur 2 proses, yaitu penyelesaian sengketa di luar pengadilan dan penyelesaian sengketa melalui pengadilan.

Selain perlindungan yang diberikan oleh hukum, sebagai seorang konsumen sangat penting untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kemampuan, dan kemandirian dalam melindungi diri sendiri sebagai konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan belajar tentang hak dan kewajiban konsumen serta perbuatan yang dilarang dilakukan oleh pelaku usaha berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai pelaku usaha juga penting untuk belajar mengenai hak dan kewajiban serta perbuatan yang dilarang dilakukan, agar dapat menumbuhkembangkan sikap yang bertanggung jawab serta memberikan kepastian atas barang dan/atau jasa yang diperjualbelikan tanpa mengakibatkan kerugian konsumen. Dengan begitu, pelaku usaha dapat memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kepentingan konsumen serta menghindari tindakan yang merugikan konsumen.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca