Perbedaan Meeting Online dan Webinar: Apa yang Perlu Diketahui

5
(1)

“Pandemi Covid-19 telah mengubah cara orang berkomunikasi dan mengadakan kegiatan. Teknologi video conference dan webinar telah menjadi solusi untuk masalah jarak dan tempat. Namun, perlu diingat bahwa meeting online dan webinar memiliki tujuan dan teknis yang berbeda. Kami akan membantu Anda mengetahui perbedaan antara kedua teknologi ini agar dapat digunakan dengan lebih efektif dan efisien.”

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara orang berkomunikasi dan mengadakan kegiatan, termasuk rapat dan seminar. Kebijakan lockdown atau PSBB di Indonesia membuat ruang gerak manusia sangat terbatas. Namun, dengan mengurangi aktifitas di luar rumah, penggunaan internet menjadi semakin penting, terutama dalam hal teknologi video conference dan webinar. Teknologi ini memungkinkan komunikasi untuk dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak dan tempat, sehingga masalah jarak dan tempat tidak lagi menjadi masalah utama. 

Lalu Apa Perbedaan Meeting Online dan Webinar?

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Ada anggapan yang salah bahwa meeting online, dan webinar sama. Namun, perbedaan antara keduanya sangat jelas. Meskipun meeting online dan webinar memungkinkan orang untuk berinteraksi, tetapi masing-masing memiliki tujuan dan teknis yang berbeda 

Meeting Online/Video Conference

Kegiatan meeting online adalah diskusi dan kolaborasi melalui aplikasi, dimana setiap orang dapat mendengarkan dan berbicara satu sama lain serta melakukan interupsi suara/gambar. Meeting online sering digunakan untuk kelompok kecil hingga besar, dengan jumlah peserta lebih dari dua orang dan sifatnya tertutup.

 Webinar

Webinar adalah jenis seminar yang disiarkan melalui internet atau aplikasi dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Webinar biasanya digunakan untuk kegiatan edukasi, talkshow, seminar, training, dan acara besar lainnya yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang. Peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui halaman pendaftaran khusus dan mengikuti acara webinar sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Selama webinar berlangsung, penyelenggara akan menyampaikan presentasi kepada audiens. Peserta hanya dapat mendengarkan dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara melalui fitur Tanya Jawab di jendela khusus. Peserta juga dapat melakukan interupsi suara/gambar jika diizinkan oleh penyelenggara.

Teknologi video conference dan webinar telah menjadi solusi untuk masalah jarak dan tempat yang dihadapi saat ini. Namun, perlu diingat bahwa meeting online dan webinar memiliki tujuan dan teknis yang berbeda. Meeting online digunakan untuk diskusi dan kolaborasi dalam skala kecil, sementara webinar digunakan untuk kegiatan edukasi dan seminar dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua teknologi tersebut, kita dapat menggunakannya dengan lebih efektif dan efisien.

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca