Penjelasan Tentang Konsep Dasar Penyusutan Arsip Lengkap

0
(0)

Arsip perusahaan atau kantor semakin banyak maka perlu adanya konsep dasar penyusutan arsip. Konsep perlu dipahami dengan benar agar arsip dipilah dan dipilih mana yang sama sekali sudah tidak berguna untuk dibuang atau dimusnahkan.

Konsep Dasar Penyusutan Arsip Menurut Para Ahli

Adanya proses penyusutan arsip perlu mendapat perhatian supaya tidak keliru ketika memilih arsip penting dan tidak penting. Contoh nyata barang di rumah yang tidak terpakai, semakin menumpuk membuat penuh rumah.

Akhirnya membutuhkan waktu untuk mencari barang yang tidak perlu dan menjual, membakar atau menggunakannya sebagai bahan daur ulang. Dalam manajemen kearsipan, pentingnya pemilahan agar arsip agar benar-benar menyimpan arsip penting saja.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pengertian penyusutan arsip dalam dalam UU No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan menyebutkan bahwa penyusutan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit kearsipan lalu pemusnahan yang tidak memiliki nilai guna. Selanjutnya menyerahkan arsip statis pada lembaga kearsipan yang berwenang.

Tujuan Penyusutan Arsip

Arsip yang menumpuk dan terlalu banyak menimbulkan masalah sendiri. Ruangan akan semakin sempit dan akhirnya tidak ada tempat untuk tempat arsip. Untuk menanggulangi dengan cara konsep dasar penyusutan arsip.

Adapun tujuan dari konsep dasar dari penyusutan arsip antara lain:

1. Efisiensi

Efisiensi adalah tujuan utama adanya penyusutan arsip. Efisiensi dalam banyak hal baik tempat, ruangan, rak, sumber daya, pengelolaan hingga biaya.

2. Optimalisasi Arsip

Pada perkembangannya, arsip yang bertambah harus bisa dipilah mana yang paling penting selanjutnya dilakukan penyusutan.

3. Penyelamatan Bahan Bukti

Tujuan dari konsep dasar penyusutan dalam arsip agar penyelamatan bahan bukti sebuah lembaga atau perusahaan. Penumpukan arsip tanpa tata kelola terbaik menyulitkan pencarian arsip penting.

4. Pengawasan Arsip Lebih Optimal

Penyusutan arsip mempermudah pengawasan dan hanya dokumen tertentu yang sebaiknya diawasi.

5. Sesuai PP No. 34 tahun 1979 dan PP No. 87

Tertuang dalam peraturan bahwa penyusutan arsip sudah sesuai dengan dasar hukum yang berlaku.

Penutup

Setiap penyusutan arsip dengan manajemen bagus akan menambah kinerja instansi atau perusahaan. Namun, jika merasa kesulitan dalam tata kelola arsip dapat ke Chayra Solusi Arsip.

Perusahaan jasa yang bergerak di bidang informasi modern untuk pengembangan bisnis ini akan memberi kemudahan dengan pelayanan optimal.

Dengan konsep dasar penyusutan arsip semua lebih tertata dengan baik dan mengoptimalkan arsip yang memang benar-benar layak untuk disimpan.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca