Pengertian Konsultasi Hukum untuk Perusahaan Mikro dan Kecil

5
(2)

Layanan konsultasi hukum merupakan layanan yang berperan penting untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian konsultasi hukum adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengatasi atau menghadapi permasalahan hukum.

Di setiap kegiatan atau aktivitas yang terjadi di dalam lingkup masyarakat memiliki hukum yang mendasar dan bersifat tegas. Adanya konsultan hukum adalah supaya memberikan solusi terhadap permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat.

Pengertian Konsultasi Hukum dan Perannya

Pada dasarnya, pengertian konsultasi hukum adalah layanan jasa hukum berupa nasihat, penjelasan, informasi atau petunjuk kepada anggota masyarakat yang mempunyai permasalahan hukum, untuk memecahkan masalah yang diihadapinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Jadi, adanya konsultasi hukum ini memberikan masyarakat sebuah arahan, petunjuk, atau juga solusi untuk permasalahan hukum.

Kewajiban Adanya Konsultasi Perusahaan di Setiap Bisnis

Ketika Anda membangun sebuah bisnis atau perusahaan, konsultasi hukum juga sangat diperlukan untuk memberikan arahan terkait hukum yang ada di perusahaan, sehingga perusahaan Anda akan terhindar dari masalah hukum yang berlaku.

Oleh sebab itu, tidak heran jika di setiap bisnis yang dikelola selalu menyediakan konsultan hukum perusahaan. Sangat mudah untuk menceritakan permasalahan hukum perusahaan Anda karena sekarang ini sudah banyak jasa konsultan hukum perusahaan yang terpercaya.

Tidak hanya terpercaya, Anda juga bisa meminta bantuan untuk konsultasi hukum secara gratis di berbagai situs. Dengan berkonsultasi, Anda akan mendapatkan pendapat, solusi, nasihat, atau bahkan bantuan lainnya untuk siap menghadapi perkara hukum perusahaan.

Selain itu, ada beberapa tugas atau tujuan konsultasi hukum diterapkan untuk setiap perusahaan di Indonesia :

1. Memberikan Solusi Hukum yang Tepat dan Kredibel

Seorang konsultan hukum harus bisa menjaga kepercayaan klien dengan solusi dan nasihat yang sesuai dengan aturan serta hukum. Meski demikian, bukan berarti konsultan selalu memberikan bantuan yang bersifat menghakimi terhadap permasalahan hukum di perusahaan Anda.

Biasanya, kerja sama konsultan hukum perusahaan dengan klien disepakati oleh kontrak tertulis maupun lisan. Dalam sesi konsultasi ini, Anda akan diberikan nasihat maupun solusi untuk menghadapi berbagai perkara hukum, seperti perdata, pidana, property, kepailitan, dan lainnya.

2. Membimbing Perusahaan

Seorang konsultan pastinya akan memberikan bimbingan untuk perusahaan Anda dalam setiap pertemuan atau mediasi terkait penyelesaian perselisihan dan permasalahan hukum lainnya, bahkan membantu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan.

3. Memberikan Masukan

Dengan berkonsultasi hukum, pihak konsultan akan memberikan sebuah masukan atau review terkait kontrak-kontrak yang ada di bisnis perusahaan Anda.

4. Membuat dan Memberikan Somasi

Konsultan hukum perusahaan juga bertugas untuk membuat serta memberikan surat somasi (seruan/teguran) bagi kepentingan atau atas nama perusahaan Anda dan mengajukan balasan/tanggapan terhadap somasi yang juga diberikan oleh pihak lain.

Penutup

Nah, itulah dia mengenai pengertian konsultasi hukum untuk perusahaan beserta tugas-tugasnya. Apabila Anda sedang menghadapi suatu permasalahan hukum di perusahaan dan membutuhkan solusi kredibel, pastikan untuk menghubungi chayra.id sekarang juga!

Sebagai perusahaan dengan layanan dukungan teknis untuk membantu bisnis Anda berkembang secara modern, Chayra menyediakan konsultasi hukum online baik untuk pelaku usaha mikro maupun kecil dengan biaya yang terjangkau.

Segala permasalahan hukum akan ditangani langsung oleh penasihat terbaik serta terakreditasi. Yuk, jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum untuk mendapatkan solusi dari permasalahan hukum anda!

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca