Pendirian PT Biasa Inilah Syarat dan Perbedaan Dengan PT Perorangan yang Harus Dipenuhi

5
(1)

Tahukah Anda ternyata dalam menjalankan bisnis tentunya Anda juga harus mendirikan badan usaha. Berbagai alasan mengharuskan Anda untuk mendirikan badan usaha atau badan hukum agar usaha Anda bisa menuju kesuksesan. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah pendirian PT Biasa

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh World Bank juga menyebutkan bahwa ternyata usaha mikro dan kecil akan stabil ketika menjalankan usahanya sudah dalam bentuk formal. Hal ini berarti termasuk ke dalam badan usaha atau badan hukum.

Dengan mendirikan badan usaha atau badan hukum maka berbagai akses pendanaan bisa diperoleh lebih mudah, selain itu juga keuntungan yang didapat lebih baik. Jadi tentunya hal ini bisa meningkatkan pendapatan negara ke depannya.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Apa Saja Syarat Mendirikan PT Biasa, Apa Perbedaannya Dengan PT Perorangan?

Berdasarkan UU Cipta Kerja, ternyata PT atau Perseroan Terbatas itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu PT Biasa serta PT Perorangan. Menurut UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, pengertian dari PT yaitu sebuah badan hukum yang berasal dari persekutuan modal yang didirikan sesuai dengan sebuah perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha menggunakan modal dasar yang semuanya terbagi dalam saham.

Adapun perbedaan dari dua jenis PT terdapat di bawah ini.

PT Perorangan

PT perorangan merupakan sebuah perseroan terbatas yang dapat didirikan oleh satu orang saja dengan ketentuan orang tersebut haruslah seorang WNI dengan berusia minimal 17 tahun. Ketentuan selanjutnya orang yang akan mendirikan sebuah PT tentu saja sudah cakap terhadap hukum.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jika Anda akan mendirikan PT Perorangan ternyata Anda tidak memerlukan akta notaris loh, Anda hanya perlu mengisi sebuah form yang berisi sebuah pernyataan pendirian secara elektronik. Ketentuan selanjutnya dalam satu tahun Anda hanya bisa mendirikan PT Perorangan sebanyak satu kali ya.

Struktur organisasi dalam PT Perorangan itu sendiri terdiri dari satu orang pemegang saham yang kemudian akan merangkap sebagai direktur juga. Menariknya badan hukum yang satu ini cocok digunakan untuk para pelaku UMK dan UMKM karena tidak terdapat ketentuan minimal berapa modal yang dimiliki namun terdapat ketentuan maksimal modal dasar yaitu sebesar 5 milliar rupiah.

Jadi jika ternyata Anda sudah memiliki modal dasar lebih dari 5 miliar maka Anda tidak diperkenankan mendirikan badan usaha yang satu ini namun akan dialihkan untuk mendirikan modal usaha lain yang memiliki ketentuan minimal jumlah modal dasar yang dimiliki.

PT Biasa

Perbedaannya dibanding dengan PT Perorangan, pendirian PT Biasa diwajibkan didirikan minimal oleh dua orang atau lebih. Kemudian syarat yang dimiliki juga lebih leluasa karena tidak hanya WNI saja yang bisa mendirikan namun WNA ataupun badan hukum asing maupun dari Indonesia juga diperbolehkan mendirikan PT Biasa.

Nah namun ketentuan selanjutnya PT Biasa diharuskan menggunakan akta notaris yang harus dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia. Pada pendiriannya, PT Biasa juga tidak terdapat aturan yang membatasi begitu juga dengan ketentuan minimal dan maksimal jumlah modal. Nah sedangkan struktur organisasi pada PT Biasa terdiri dari rapat umum pemegang saham kemudian direksi serta dewan komisaris.

Itulah syarat pendirian PT Biasa sekaligus perbedaannya dengan PT Perorangan. Kini Anda sudah bisa membedakan kedua jenis PT tersebut dan jika Anda akan mendirikannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun usaha Anda masing-masing.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca