Pendaftaran Merek di Indonesia: Prinsip “First to File” dan Proses yang Harus Dilakukan

0
(0)

“Pelajari tentang prinsip “first to file” dalam pendaftaran merek di Indonesia, proses pendaftaran, dan cara untuk menjaga aset intelektual perusahaan Anda. Kami juga menyediakan bantuan untuk memudahkan proses pendaftaran merek Anda.”

Pendaftaran merek di Indonesia mengikuti prinsip “first to file”, yang berarti bahwa pihak yang pertama kali mendaftarkan merek adalah pihak yang berhak atas merek tersebut. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Dalam proses pendaftaran merek, pemeriksaan formalitas dilakukan untuk memastikan bahwa merek tersebut belum pernah didaftarkan atau dimiliki oleh pihak lain. Merek yang sudah terdaftar akan mendapatkan perlindungan hukum selama 10 tahun.

Ketika melakukan perubahan nama (rebranding) atau pembuatan nama merek baru, pelaku usaha harus melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa merek tersebut tidak sama dengan merek yang sudah terdaftar. Jika ada persamaan, pendaftaran merek dapat ditolak. Ini menunjukkan betapa pentingnya membangun kesadaran akan hak kekayaan intelektual bagi pelaku usaha, karena ini dapat mempengaruhi kelangsungan usaha.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Selain menjaga aset intelektual perusahaan Anda, pendaftaran merek juga dapat memberikan keuntungan lain bagi perusahaan Anda. Dengan merek yang terdaftar, Anda dapat menggunakan tanda registrasi (®) yang menunjukkan bahwa merek tersebut dilindungi undang-undang. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk atau jasa yang Anda tawarkan dan dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda ke pasar global. Pendaftaran merek juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menuntut pelanggaran merek oleh pihak lain. Oleh karena itu, segera daftarkan merek Anda untuk mengamankan aset intelektual perusahaan Anda dan memperoleh keuntungan lain yang ditawarkan oleh pendaftaran merek.

Saat anda hendak melakukanpendaftaran merek, Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kelas barang dan jasa yang akan didaftarkan dalam pendaftaran merek. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, barang dan jasa dikelompokkan dalam 45 kelas, masing-masing kelas memiliki klasifikasi yang berbeda. Sehingga Anda harus memastikan bahwa barang dan jasa yang akan didaftarkan sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pendaftaran merek, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami dapat membantu Anda dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan dan memastikan bahwa pendaftaran merek Anda diterima oleh Ditjen HKI.

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca