Nama Lain dari Petugas Arsip Adalah? Cek Profesinya di Sini

5
(7)

Istilah lain dari petugas arsip mungkin masih asing di telinga banyak orang. Nama lain dari petugas arsip adalah arsiparis, dimana profesi ini cukup penting perannya dalam sebuah instansi negara maupun perusahaan. Sebetulnya profesi ini kurang diminati kaum milenial, sebab banyak yang belum mengetahui.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengetahui profesi arsiparis, artikel ini akan menjelaskan lebih jelas. Tentunya informasi yang akan diberikan sangat bermanfaat untuk Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui informasi di sini.

Berikut Merupakan Penjelasan Mengenai Profesi Arsiparis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa nama lain dari petugas arsip adalah arsiparis dan memiliki peran penting dalam sebuah instansi negara. Dalam kamus KBBI, arsiparis memiliki arti orang yang mempunyai kompetensi tinggi dalam bidang kearsipan.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Kompetensi tersebut umumnya didapatkan pada pelatihan kearsipan maupun pendidikan formal. Sama halnya dengan profesi lain, arsiparis juga memiliki fungsi, tanggung jawab, dan fungsinya sendiri. Pada dasarnya profesi ini lebih mendetail mengenai kearsipan.

Lebih lanjut, berikut ini merupakan tugas, tanggung jawab, dan fungsi yang umumnya dimiliki arsiparis. Mau tahu apa saja? Anda bisa cek lebih lengkap di bawah ini sekarang juga. Tentunya informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui.

1. Fungsi dari Profesi Arsiparis

Sama halnya dengan profesi lain, seorang Arsiparis justru memiliki tanggung jawab yang cukup berat sesuai dengan tugasnya. Berikut ini merupakan beberapa tugas arsiparis yang harus Anda ketahui

  1. Menjaga dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang cakap sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  2. Selalu menjaga keselamatan arsip. Hal ini menunjukkan sebagai bukti adanya rasa tanggungjawab dalam berbangsa serta bernegara.
  3. Selain itu, selalu menjaga terbuatnya arsip ketika adanya kegiatan. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan oleh organisasi di masyarakat, organisasi dalam politik, lembaga pendidikan, lembaga negara, dan masih banyak lainnya.
  4. Selalu menjaga keamanan setiap arsip. Hal ini berfungsi agar adanya jaminan dari berbagai arsip yang dimiliki rakyat melalui pemanfaatan arsip terpercaya.

2. Kewenangan yang Dimiliki Seorang Arsiparis

Perlu untuk diketahui, kewenangan dari arsiparis sudah tercantum dalam Permenpan Nomor 48 Tahun 2014. Lebih lanjut, berikut ini merupakan kewenangan seorang arsiparis yang wajib diketahui.

  1. Melakukan berbagai penelusuran arsip. Penelusuran ini ditunjukkan untuk pencipta arsip berdasarkan penunjukkan tugas oleh Kepala Lembaga Kearsipan yang tertulis dalam kewenangan rangka penyelamatan arsip.
  2. Berikutnya, melakukan penutupan penggunaan arsip yang pada dasarnya menjadi tanggung jawab oleh seorang pengguna arsip yang tidak memiliki hak. Hal ini sudah ada dalam peraturan perundang-undangan.
  3. Melakukan penutupan penggunaan arsip yang pada dasarnya menjadi tanggung jawab seorang pengguna arsip yang tidak berhak. Hal itu terjadi apabila penggunaan arsip dapat merusak segala isi informasi maupun fisiknya.

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai nama lain dari petugas arsip. Pada dasarnya nama lain dari petugas arsip adalah arsiparis. Selain itu, arsip berasal dari arsip berasal dari bahasa belanda archief yang artinya sebuah peti wadah untuk menyimpan sesuatu.

Dengan adanya penjelasan ini, tentunya Anda semakin mengenal lebih jauh tentang arsiparis. Profesi ini memiliki peran yang sangat penting bagi instansi negara. Jadi, tidak heran jika fungsi yang dijalani cukup krusial.

Jika Anda tertarik untuk menata arsip penting. Sebaiknya gunakan layanan yang terpercaya. Saat ini ada banyak layanan profesional yang bisa Anda pilih, salah satunya Chayra Solusi Arsip, layanan unggulan persembahan dari chayra.id.

Perlu diketahui, chayra.id merupakan layanan manajemen informasi yang membantu bisnis Anda tumbuh sukses. Jadi, tidak heran layanan ini banyak dipakai semua orang.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca