Meningkatkan Kesadaran Merek untuk Pelaku UMKM

5
(2)

“Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan mendapat perlindungan hukum dengan mendaftarkan merek sebagai pelaku UMKM. Baca artikel ini untuk belajar cara meningkatkan kesadaran merek Anda dengan baik.”

Sebagai pelaku UMKM, mendaftarkan sebuah merek merupakan hal penting dalam persaingan pasar global, terutama saat ini dengan pertumbuhan ekonomi digital yang sangat cepat. Merek dianggap memiliki nilai yang sama dengan sebuah reputasi, yang bertujuan agar produk melekat di benak konsumen. Keunggulan sebuah merek adalah bisa menjadi pembeda dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing.

Menurut UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis seperti gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2D atau 3D, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Dengan mendaftarkan merek, pelaku UMKM akan mendapat perlindungan hukum atas hak-haknya sesuai dengan UU Merek. Pemohon pendaftaran merek akan memperoleh hak atas merek setelah merek terdaftar. Hak atas merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek yang terdaftar untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Selain itu, pelaku UMKM juga dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) melalui eksistensi merek di pasaran. Produk atau jasa dapat dikenal luas oleh masyarakat bergantung dari eksistensi merek tersebut di pasaran. Merek suatu produk harus dikomunikasikan dengan tepat agar masuk ke dalam benak konsumen sehingga eksistensi merek dapat terbentuk.

Komunikasi yang tepat dapat membantu menumbuhkan kesadaran merek secara optimal. Kesadaran merek (brand awareness) dibagi menjadi empat bagian:

  1. Unaware of brand (Tidak menyadari merek) yaitu merek yang tetap tidak dikenal walaupun sudah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan (aided recall)
  2. Brand Recognition (pengenalan merek) yaitu merek produk yang dikenal konsumen setelah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan.
  3. Brand Recall (pengingatan kembali merek) yaitu dalam kategori suatu produk yang disebutkan atau diingat konsumen tanpa harus dilakukan pengingatan kembali, diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan (unaided recall).
  4. Top Of Mind (Puncak Pikiran) yaitu nama merek yang pertama kali diterbitkan oleh konsumen dan merupakan puncak dari pikiran dari konsumen itu sendiri.

Sebagai Pelaku UMKM, tentu saja Anda ingin para konsumen memiliki kesadaran merek pada tingkatan top of mind. Merek dengan top of mind tinggi memiliki nilai pertimbangan yang tinggi. Apabila suatu merek tidak tersimpan dalam ingatan, maka merek tersebut tidak akan dipertimbangkan dalam keputusan pembelian. Oleh karena itu, sebagai pelaku UMKM, pastikan untuk melakukan komunikasi yang tepat agar konsumen dapat mengingat dan mengenali merek Anda dengan baik.

Biasanya, merek-merek yang disimpan dalam benak konsumen adalah merek-merek yang disukai. Oleh karena itu, untuk meningkatkan brand awareness, pelaku UMKM perlu memperhatikan beberapa hal penting, yaitu:

  1. Mengiklankan merek secara luas, sehingga merek Anda dikenal secara luas oleh masyarakat.
  2. Eksistensi merek yang sudah teruji oleh waktu, keberadaan merek yang telah berlangsung lama menunjukkan bahwa merek tersebut mampu memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.
  3. Jangkauan distribusi yang luas, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.
  4. Mengelola merek dengan baik.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka kesadaran merek akan meningkat, sehingga dapat menciptakan peluang yang lebih besar bagi suatu merek dipilih dalam proses pengambilan keputusan pembelian, yang akhirnya mengarah pada peningkatan pendapatan dan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas produk dan layanan yang baik agar konsumen dapat merasa puas dan akan terus membeli produk Anda.

 

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca