Mengenal Persero Aktif dan Persero Pasif Dalam CV

0
(0)

“Commanditaire Vennootschap atau CV adalah salah satu jenis badan usaha yang sering digunakan di Indonesia. CV dipilih oleh masyarakat karena fleksibilitas yang ditawarkannya dan jumlah pendiri yang minimal hanya dua orang. Perbedaan antara persero aktif dan persero pasif dalam CV juga perlu diperhatikan saat mendirikan badan usaha. Untuk mempermudah urusan legalitas usaha, hubungi Chayra Bisnis untuk konsultasi pendirian.”

Ketika Anda mendengar istilah CV, apa yang muncul di benak Anda? Beberapa orang mungkin akan menganggapnya sebagai riwayat hidup singkat, sementara yang lain mungkin akan memikirkan bentuk badan usaha yang populer di Indonesia. Commanditaire Vennootschap atau yang lebih dikenal sebagai CV adalah salah satu jenis badan usaha yang sering digunakan di samping Perseroan Terbatas (PT), PT Perorangan, Koperasi, dan Yayasan.

Badan usaha CV dipilih oleh masyarakat sebagai pilihan untuk menjalankan sebuah usaha karena fleksibilitas yang ditawarkannya. CV dapat digunakan untuk seluruh skala usaha, mulai dari mikro hingga besar, sedangkan PT Perorangan hanya dikhususkan untuk usaha skala mikro dan kecil saja. Dengan tidak adanya batasan pada jumlah permodalan dan omset usaha seperti yang terdapat pada PT Perorangan, badan usaha CV lebih fleksibel dalam hal ketentuan modal dan omset. Modal minimum atau maksimum pada CV murni didasarkan pada kesepakatan para pendirinya seperti halnya PT.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Salah satu keuntungan dari badan usaha CV adalah jumlah pendiri yang minimal hanya dua orang. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan usaha bersama dengan kolega atau sahabat. Meskipun jumlah pendiri dalam CV ada beberapa orang, tidak semuanya harus bertindak sebagai pengurus atau persero aktif. Selain persero aktif, dikenal juga istilah persero pasif dalam pendirian CV.

Persero aktif didefinisikan sebagai pengurus CV yang menangani operasional usaha dan dapat mewakili CV dalam perjanjian atau hubungan hukum dengan pihak ketiga. Mereka juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar, termasuk bertanggung jawab atas harta pribadi mereka. Sementara itu, persero pasif hanya berperan sebagai pendiri, tetapi tidak memiliki kewenangan untuk mengelola atau mengoperasikan CV atau mewakili CV dalam hubungan hukum dengan pihak ketiga. Tanggung jawab persero pasif hanya terbatas pada nominal yang disetorkan sebagai modal usaha.

Ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda berencana untuk mendirikan badan usaha CV. Saat menghadap notaris untuk membuat akta pendirian CV, Anda harus menunjuk siapa yang akan bertindak sebagai persero aktif dan siapa yang akan bertindak sebagai persero pasif.

Kalau Anda sudah mengetahui perbedaan antara persero aktif dan persero pasif dalam CV, dan berminat untuk mendirikan CV sebagai badan usaha untuk bisnis Anda, segera hubungi Chayra Bisnis untuk melakukan konsultasi pendirian.

Karena sekarang sudah saatnya urus legalitas usaha Anda tanpa ribet, hanya di Chayra Bisnis.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca