Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Terjerumus dalam Pemborosan

5
(1)

“Mengatur keuangan pribadi dengan baik, berapapun gaji yang didapatkan, akan membuatnya lebih berguna dan memberi kebebasan finansial yang diinginkan.”

Banyak orang berpendapat bahwa penghasilan pas-pasan membuat mereka tak memikirkan tabungan, dan justru memikirkan pengeluaran bulanan yang harus dipenuhi. Namun, pendapat ini sebenarnya sangat salah. Berapapun gaji yang didapatkan, butuh pengaturan yang baik, sehingga tidak membuatnya cepat terkuras, terutama untuk hal-hal yang tidak berguna. Meskipun gajinya hanya sedikit, jika diatur dengan baik, pasti akan lebih berguna. Oleh karena itu, sebagai bagian dari kemampuan yang perlu dimiliki, pengaturan keuangan pribadi memang sangat penting.

Untuk membantu Anda mengatur keuangan pribadi, pertimbangkanlah tips berikut ini:

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Membuat Anggaran Bulanan.

Langkah awal untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan membuat anggaran bulanan. Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Pertama untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, motor, dan lain sebagainya. Kedua untuk kebutuhan tersier seperti belanja, liburan, anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja. Dengan membuat rencana keuangan melalui anggaran bulanan ini, Anda bisa mencegah terjadinya pemborosan dalam pengeluaran. Jika sudah ada anggaran, tentu saja Anda bisa mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas yang sudah ditentukan. Jika perlu, gunakan anggaran sebelumnya untuk melakukan evaluasi dan memperketat anggaran keuangan di bulan berikutnya.

Membuat Skala Prioritas.

Beranjak dari daftar anggaran bulanan, urutkanlah sesuai dengan prioritasnya. Prioritaskan tagihan-tagihan yang harus dibayarkan lebih dulu seperti tagihan listrik, telepon, dan cicilan. Dari sini, Anda dapat menentukan utang mana yang harus dibayar lebih dulu. Cobalah untuk menghindari utang atau cicilan yang terlalu banyak karena justru akan membebani keuangan Anda kedepannya. Tulis skala prioritasnya pada kebutuhan-kebutuhan lain seperti benda mewah. Belilah barang yang Anda butuhkan, bukan yang hanya sekedar Anda inginkan.

Mendahulukan Tagihan dan Tabungan.

Saat mendapatkan gaji, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar semua tagihan di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting supaya tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari selama sebulan kedepan. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran lainnya. Terkait dengan tabungan, cobalah untuk menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini tentunya berguna untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting dan memprioritaskan pengeluaran yang lebih penting.

Selain itu, penting juga untuk mengatur dan membuat rencana anggaran secara berkala. Rencana anggaran dapat membantu Anda dalam mengatur pengeluaran dan mencegah pengeluaran yang berlebihan. Rencana anggaran juga dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebaiknya anda juga selalu memperhatikan pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulan. Anda bisa mencatatnya dalam buku catatan keuangan atau menggunakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda dalam memantau pengeluaran dan pemasukan secara real-time.

Yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki tabungan darurat. Tabungan darurat dapat membantu Anda menghadapi situasi keuangan yang tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau keperluan mendadak lainnya. Sebaiknya Anda memiliki tabungan darurat yang setara dengan tiga hingga enam bulan pengeluaran bulanan Anda.

Terakhir, hindari utang yang tidak perlu. Sebaiknya Anda hanya berutang untuk keperluan yang benar-benar penting dan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Jangan sampai utang menghambat kemajuan keuangan Anda dan membuat Anda semakin sulit mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca