Mengapa Perjanjian Tertulis Penting bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil?

5
(1)

“Perjanjian tertulis dapat memberikan gambaran jelas mengenai hubungan antara para pihak yang terlibat dan menjelaskan secara rinci ruang lingkup perjanjian. Baca selengkapnya untuk mengetahui mengapa perjanjian tertulis penting bagi pelaku usaha”

Sebagai seorang pelaku usaha, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Jika usaha Anda masih kecil, mungkin Anda tidak perlu membuat perjanjian tertulis dengan pihak lain. Namun, saat-saat tertentu Anda akan membutuhkan perjanjian tertulis.

Namun, apa sebenarnya perjanjian dan perjanjian tertulis itu?

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Hukum di Indonesia menentukan bahwa perjanjian merupakan undang-undang bagi para pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut. Perjanjian harus dibuat berdasarkan kesepakatan antara para pihak yang terlibat, dibuat oleh pihak-pihak yang cakap secara hukum, obyek perjanjian jelas dan tujuan perjanjian tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Secara umum, hukum tidak menentukan bentuk perjanjian. Jadi perjanjian bisa dilakukan secara lisan, kecuali jika hukum mengaturnya secara berbeda. Perjanjian dapat lahir dari serangkaian tindakan yang dilakukan oleh para pihak, misalnya dalam transaksi jual beli. Meskipun tanpa perjanjian secara lisan, perjanjian sudah muncul dan mengikat para pihak. Bagi pelaku usaha yang skala usahanya masih kecil, seringkali masih menggunakan model perjanjian lisan. Namun jika nilai perjanjian cukup besar, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk membuat perjanjian tertulis.

Perjanjian yang dibuat secara tertulis akan memberikan gambaran yang jelas mengenai hubungan antara para pihak yang terlibat dan menjelaskan secara rinci ruang lingkup perjanjian. Dalam perjanjian tertulis, hak, kewajiban, dan wewenang yang dimiliki oleh para pihak akan ditentukan secara jelas.

Perjanjian tertulis juga akan memberikan ketenangan karena para pihak yang terlibat akan mengetahui dengan pasti apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Ini akan mengurangi risiko terjadinya konflik di masa depan.

Selain itu, dengan membuat perjanjian secara tertulis, Anda juga akan meningkatkan performa usaha Anda karena Anda akan terlihat lebih profesional dan cermat dalam menjalankan bisnis.

Jika Anda ingin usaha Anda tumbuh dan berkembang, maka perjanjian tertulis adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Perjanjian tersebut akan melindungi kepentingan Anda dan bisnis Anda dari potensi masalah di masa depan.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca