Mengapa Pelatihan Diperlukan Untuk Meningkatkan Kapasitas SDM?

0
(0)

Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu aset penting organisasi. Baik organisasi perusahaan atau pun institusi. Karena itu, banyak perusahaan dan institusi yang memiliki program peningkatan kapasitas SDM atau pelatihan.

Lalu, kapan saat yang tepat mengadakan pelatihan? Dan apa manfaat pengadaan pelatihan SDM?

Kapan Harus Mengadakan Pelatihan SDM?

Pada dasarnya, perusahaan atau institusi dapat melaksanakan pelatihan SDM kapan saja selama diperlukan. Namun, ada beberapa kondisi yang umum digunakan sebagai indikator perlunya mengadakan pelatihan SDM, yaitu:

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

1. Standar Pencapaian Kinerja Tidak Tercapai

Sebenarnya, ada beberapa sebab yang membuat pencapaian kinerja tidak tercapai. Salah satunya karena kualitas SDM yang tidak mumpuni untuk peran tersebut. Karena itu, pelatihan peningkatan kapasitas SDM bisa menjadi solusi.

2. Tidak Mampu Menyelesaikan Tugas

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, banyak peran dan tugas baru yang harus dilaksanakan. Sayangnya, performa atau keahlian pegawai kurang mumpuni untuk menyelesaikan tugas tersebut. Sementara itu, merekrut karyawan baru bukan sebuah pilihan.

Dalam kondisi ini, perusahaan dapat mengadakan pelatihan untuk menunjang kompetensi karyawan agar lebih sesuai dengan tugas yang diberikan.

3. Menjadi Tidak Produktif

Seiring waktu, produktivitas karyawan bisa saja mengalami penurunan. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini dapat memberikan kerugian pada perusahaan. Mengadakan pelatihan SDM dapat membantu karyawan menjadi lebih produktif kembali.

4. Penjualan Menurun

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan penjualan suatu perusahaan. Rendahnya kualitas skill/keahlian Anda dalam bidang organisasi, manajemen, pemasaran dan teknologi, akan membuat penjualan perusahaan menurun.

5. Tingkat Keuntungan Menurun

Jika karyawan tidak bekerja secara efektif dan efisien, tingkat keuntungan perusahaan akan menurun. Kurangnya keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan hanya akan membuat perusahaan menjadi lebih boros, karena pemakaian bahan baku dan biaya produksi yang lebih besar.

Manfaat Peningkatan Kapasitas SDM/Pelatihan

Pelatihan atau program peningkatan kapasitas SDM tentu saja memberikan dampak yang baik untuk karyawan. Secara tidak langsung, hal tersebut juga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Setidaknya, ada beberapa manfaat yang didapat melalui pelatihan SDM, di antaranya:

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas produktivitas
  2. Menghemat waktu belajar karyawan untuk mencapai standar kinerja yang ditetapkan perusahaan
  3. Membentuk loyalitas, sikap, dan kerja sama yang lebih menguntungkan
  4. Perencanaan Sumber Daya Manusia dapat terpenuhi
  5. Mengurangi frekuensi kecelakaan kerja dan biayanya
  6. Membantu dalam pengembangan dan peningkatan pribadi karyawan

Program peningkatan kapasitas SDM yang tepat dapat membantu meningkatkan kompetensi karyawan. Sehingga, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Di lain sisi, penggunaan bahan baku dan pemeliharaan alat juga lebih efektif

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca