Membangun Kapasitas dengan Virtual Training

5
(1)

Penyebab perkembangan teknologi saat ini dikenal dengan era digital. Smartphone sebagai salah satu aplikasi teknologi komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan virtual training. Generasi 2010 dikenal sebagai generasi digital native, di mana mereka secara tidak langsung telah diperkenalkan dengan teknologi digital sejak lahir.

Dengan pelatihan berbasis internet, pelatihan ilmu-ilmu penting dapat diinformasikan secara berani melalui media smartphone (dalam jaringan). Tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang dijalankan saat ini, seseorang dapat melakukan proses belajar. Adanya pelatihan melalui media daring (online), salah satunya pemanfaatan teknologi dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan potensi/pengetahuan seseorang.

Dalam melaksanakan pelatihan online, jenis komunikasi yang digunakan tentunya berbasis komunikasi di dunia maya. Kesuksesan dalam komunikasi bisa dilihat dari sejauh mana orang-orang terlibat dalam komunikasi bisa menerima pesan dengan baik.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pesan yang disampaikan juga memiliki informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal ini terlihat dari tujuan diadakannya pelatihan online yaitu peserta pelatihan dapat memahami pesan yang disampaikan.

Komunikasi di dunia maya berbeda dengan masyarakat di dunia nyata, karena hubungan sosial di masyarakat nyata dibangun melalui penginderaan (sentuh, lihat, cium, dengar dan rasakan oleh panca indera). Sedangkan hubungan dalam komunitas dunia maya, setiap orang berinteraksi secara personal dengan menggunakan aplikasi yang disediakan dalam jaringan.

Penggunaan Metode Online

Adanya pelatihan berani dijadikan alternatif bagi instansi untuk membangun kapasitas pegawainya. Upaya pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai internal dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara online.

Mereka mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi yang diemban dan jabatan yang diemban. Dengan dukungan pimpinan tentunya mendukung upaya pengembangan kapasitas pegawai. Perlu kita ketahui bahwa virtual training mendapatkan banyak pelatihan dari informasi yang disampaikan selama pembelajaran elektronik.

Selain penunjang, tentunya sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melakukan aktivitas kerja dengan menggunakan peralatan yang canggih. Alat yang digunakan sudah modern, sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.

Berlatih Lebih Efisien

Pembelajaran dalam format online memberikan beragam informasi sehingga bisa sangat mempermudah siswa untuk menemukan beragam aplikasi, informasi sesuai kebutuhan serta minatnya masing-masing. Proses mencari serta mengumpulkan referensi ini bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan teliti.

Siswa melakukan pencarian ekstensif lalu setelah memperoleh pengetahuan umum mengenai informasi yang berkaitan dengan tujuan kursus, pencarian diarahkan lebih dalam ke situs yang diperlukan.

Karena banyak pegawai yang tidak bisa menggunakan teknologi, maka salah satu langkah yang lebih baik adalah dengan memberikan sosialisasi kepada pegawai tersebut dalam menggunakan perangkat teknologi. Agar tidak menghambat proses pelaksanaan tugas pegawai, atau bahkan mengganggu rekan kerja lainnya.

Pelatihan Mandiri

Seperti namanya, pelatihan ini adalah desain self-propelled, learner-directed dan learner-centered. Mereka yang melaksanakan pelatihan harus menyadari bahwa dalam pelatihan mereka bertanggung jawab. Mereka harus bergerak online selama pelatihan.

Kendala Metode Virtual

Terkadang masih ada sebagian karyawan yang cenderung kurang memiliki keinginan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Tidak jarang karyawan yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan dan dibutuhkan.

Ketidaknyamanan saat melakukan virtual training berkaitan dengan aspek komunikatif atau interaksi training, emosional dan sosial. Banyak yang merasa tidak nyaman melakukan pelatihan online karena penekanan pada membaca dan mengetik, bukan berbicara atau mendengarkan.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca