Memanfaatkan QRIS Untuk Mempermudah Bisnis

5
(1)

“Mendukung integrasi ekonomi digital di Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah solusi pembayaran yang aman, cepat, dan praktis. Dikeluarkan oleh Bank Indonesia, QRIS dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran yang mudah digunakan.”

Untuk mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia, digitalisasi dalam layanan sistem pembayaran sangat penting. Namun, kita harus tetap memperhatikan keseimbangan antara inovasi dengan stabilitas dan praktik bisnis yang sehat, serta menjamin kepentingan nasional. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, terus berupaya untuk mensosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai salah satu solusi digitalisasi pembayaran yang aman, cepat, dan praktis.

Menurut PADG No. 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code Untuk Pembayaran, QRIS adalah Standar QR Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, transaksi pembayaran menjadi lebih aman, cepat, dan praktis dari segi teknis transaksi. QRIS juga dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Quick Response Code untuk Pembayaran, atau yang lebih dikenal dengan sebutan QR Code Pembayaran, adalah sebuah kode dua dimensi yang terdiri dari tiga pola persegi di sudut kiri bawah, sudut kiri atas, dan sudut kanan atas. Kode ini terdiri dari modul hitam berupa persegi titik atau piksel yang mampu menyimpan berbagai macam data seperti alfanumerik, karakter, dan simbol. QR Code Pembayaran digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran nirsentuh melalui pemindaian.

Transaksi QRIS menggunakan sumber dana berupa simpanan dan/atau instrumen pembayaran seperti kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan server based. Nominal Transaksi QRIS dibatasi hingga maksimal Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per transaksi.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah solusi pembayaran yang aman dan efisien. Ada tiga jenis pembayaran menggunakan QRIS, yaitu:

  1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis: Ini adalah cara paling mudah dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS. Merchant hanya perlu memajang satu sticker atau print-out QRIS. Pengguna hanya perlu melakukan scan, masukkan nominal, masukkan PIN, dan klik bayar. Notifikasi transaksi akan langsung diterima oleh pengguna ataupun merchant. QRIS MPM Statis sangat cocok bagi usaha mikro dan kecil.
  2. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis: QRIS dikeluarkan melalui suatu device seperti mesin EDC atau smartphone. Merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak.
  3. Customer Presented Mode (CPM) (sedang dalam tahap uji coba): Pelanggan hanya perlu menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran pelanggan untuk di-scan oleh merchant. QRIS CPM lebih ditujukan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Selain kemudahan dalam melakukan transaksi, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) juga memiliki berbagai manfaat bagi pelaku usaha. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari QRIS adalah:

  1. Pembayaran non tunai yang lebih efisien: Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat melakukan transaksi pembayaran non tunai yang lebih efisien. Hal ini sesuai dengan ajuan pemerintah untuk meningkatkan Gerakan Non Tunai di Indonesia.
  2. Menyediakan lebih banyak alternatif pembayaran: QRIS memungkinkan pelaku usaha untuk melayani pembayaran digital dari berbagai bank dan e-wallet, seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay. Ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran.
  3. Mencegah peredaran uang palsu: Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha akan ikut memperkuat cashless society di Indonesia dan meminimalisir risiko peredaran uang palsu yang dapat merugikan.
  4. Meja kasir yang lebih rapi, modern, dan kekinian: Hanya dengan menampilkan 1 QR Code, meja kasir di toko/ usaha akan tampak lebih rapi dan sedap dipandang mata. Dengan melayani berbagai pembayaran digital, toko/ usaha akan terkesan lebih modern dan kekinian.
  5. Mempermudah pemantauan dan analisis keuangan bisnis: Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat melakukan pengecekan riwayat transaksi di toko/ usaha secara real-time. Data transaksi terekam otomatis, sehingga memudahkan dalam memantau hasil penjualan yang terjadi di toko/ usaha yang dimiliki.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan QRIS sebagai solusi pembayaran yang aman dan efisien. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi, QRIS juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi pelaku usaha dalam meningkatkan efisiensi bisnis.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca