Memahami Perbedaan dan Kelebihan Badan Hukum PT Perorangan dan CV untuk Usaha Mikro dan Kecil

5
(2)

“Memahami perbedaan dan kelebihan antara PT Perorangan dan CV dalam mendirikan badan hukum untuk usaha mikro dan kecil. Pelajari cara terbaik untuk melindungi bisnis Anda dengan membentuk badan hukum yang sesuai.”

Bagi sebagian masyarakat, memiliki bisnis yang dijalankan secara mandiri merupakan impian penting untuk dicapai. Dengan kondisi ekonomi yang mulai pulih dan aktivitas masyarakat yang kembali normal, membuka bisnis secara mandiri menjadi pilihan menarik untuk dilakukan. Namun, saat merencanakan untuk memulai bisnis, kita tidak hanya perlu memikirkan aspek operasional, produksi, dan pemasaran, tetapi juga perlindungan hukum yang dibutuhkan untuk bisnis kita di masa depan.

Salah satu cara untuk melindungi bisnis kita adalah dengan membentuk badan hukum. Ada beberapa pilihan badan hukum yang dapat digunakan, seperti Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Perorangan (PT Perorangan), atau Commanditaire Vennootschap (CV). Namun, sebagai pelaku bisnis UMKM, kita mungkin masih bingung dalam menentukan perbedaan antara badan-badan hukum tersebut.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Bagi pelaku UMKM, ada dua bentuk badan hukum yang dapat menjadi pilihan utama, yaitu PT Perorangan dan CV. Kedua badan hukum ini cocok untuk UMKM karena tidak memiliki ketentuan minimal modal usaha dalam pendirian badan hukum. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, modal usaha yang diperlukan untuk membuat PT Perorangan tidak boleh lebih dari 5 miliar rupiah dan pendapatan dalam setahun tidak boleh lebih dari 15 miliar rupiah, sehingga dapat memenuhi unsur sebagai usaha mikro dan kecil. Sementara untuk CV, penempatan modal usaha lebih fleksibel dan didasarkan pada kesepakatan antara para pendiri.

Selain modal usaha, faktor lain yang perlu diperhatikan ketika mendirikan badan hukum adalah unsur pendiri. PT Perorangan hanya didirikan oleh satu orang yang bertindak sebagai pemilik bisnis dan direktur PT. Sedangkan CV harus didirikan oleh minimal dua orang pendiri atau lebih. Namun, baik PT Perorangan maupun CV harus didirikan oleh Warga Negara Indonesia yang telah cakap secara hukum.

Selanjutnya, dokumen pendirian badan hukum juga perlu diperhatikan. PT Perorangan tidak memerlukan akta notaris dalam pendiriannya, yang diperlukan hanyalah Surat Pernyataan Pendirian yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, yang dapat dilakukan pengisiannya secara elektronik. Sedangkan pendirian CV harus dilakukan dengan akta notaris dan harus memiliki surat keterangan domisili perusahaan untuk dapat menjalankan kegiatan usaha.

Pemilihan badan hukum baik PT Perorangan maupun CV pada akhirnya dikembalikan kepada Anda sebagai pemilik bisnis dan disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Namun jika Anda tertarik untuk mendirikan PT Perorangan atau CV, Chayra Bisnis siap membantu mewujudkan impian Anda.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca