Sen - Jum: 10.00 - 18.00 WIB

+6288292100135

kirimpesan[at]chayra[dot]id

Manajemen Kearsipan Adalah Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Chayra Blog - 2023-03-25T221823.860
5
(1)

Pada dasarnya, manajemen kearsipan adalah salah satu hal yang sangat esensial, terutama di dalam lingkup perkantoran. Tanpa manajemen kearsipan yang baik, proses operasional dalam sebuah kantor pastinya juga tidak akan berjalan dengan baik.

Lalu sebenarnya, apa itu manajemen kearsipan menurut para ahli dan kenapa eksistensinya sangat penting? Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang hal ini, berikut adalah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang manajemen kearsipan di lingkup kantor!

Pengertian Manajemen Kearsipan

Secara garis besar, manajemen kearsipan adalah proses pengelolaan arsip, mulai dari pembuatan, penggunaan, pemeliharaan, hingga pemusnahan arsip atau dokumen. Proses pengelolaan arsip ini dilakukan secara sistematis yang berdasarkan pada aturan tertentu.

Hal tersebut perlu dilakukan agar arsip bisa tertata dengan baik, sehingga orang yang membutuhkan catatan tertentu akan lebih mudah untuk menemukannya nanti. Itu merupakan salah satu tujuan manajemen kearsipan yang utama menurut Sayuti (2013).

Sedangkan menurut Priansa, dkk (2013), manajemen kearsipan adalah suatu aturan dalam menyusun arsip sehingga menciptakan sebuah tatanan dengan sistem yang jelas dan juga logis. Tujuannya untuk menyimpan dan merawat arsip untuk digunakan secara aman dan ekonomis.

Lalu, apa saja sistem manajemen kearsipan sehingga pengelolaan dokumen-dokumen penting tersebut bisa berjalan dengan baik? Berikut adalah beberapa sistem untuk menyimpan arsip yang perlu Anda ketahui!

1. Berdasarkan Abjad

Setelah mengetahui apa itu manajemen kearsipan, Anda pun harus tahu bagaimana cara menyimpan arsip tersebut agar dapat tertata dengan baik. Salah satu cara yang paling populer untuk mengelola arsip yaitu dengan cara memilah berdasarkan abjad dari A hingga Z.

Ada banyak sekali masyarakat yang menggunakan cara ini karena memang efisien dan efektif.

2. Berdasarkan Subjek

Selain secara abjad, Anda juga bisa menyimpan dan menata arsip berdasarkan subjek. Salah satu contoh manajemen arsip yang pengelolaannya berdasarkan subjek adalah manajemen arsip untuk dokumen skripsi di beberapa kampus atau perguruan tinggi.

Tidak hanya di universitas atau di sekolah, di beberapa kantor jenis lain pun, banyak yang menerapkan manajemen arsip seperti ini karena memang sangat efektif.

3. Berdasarkan Wilayah

Pada umumnya, di beberapa kantor pemerintahan, petugas arsip akan menata dokumen berdasarkan wilayah untuk bisa mempermudah pencarian data. Misalnya seperti berdasarkan wilayah RT, RW, desa, kota, kabupaten, dan berdasarkan wilayah provinsi.

Layak Dibaca:  Memulai Bisnis Sendiri: Tips dan Trik untuk Sukses

Dengan begitu, jika ada orang yang mencari dokumen tertentu, mereka dapat mencarinya di dalam arsip di wilayah tertentu. Hal ini pastinya akan sangat mempermudah dalam hal pencarian data atau dokumen.

4. Berdasarkan Nomor

Kemudian, beberapa manajemen kearsipan kantor juga mengelola arsip dengan cara menatanya berdasarkan nomor. Terlebih jika dokumen tersebut berupa surat atau dokumen lain yang pasti memiliki nomor yang menjadi ciri khas dari arsip atau dokumen tersebut.

Dengan begitu, orang yang mencari data tersebut dapat mencarinya dengan menggunakan nomor dokumen. Sehingga, mereka akan menemukan dokumen tersebut di kumpulan arsip dengan jauh lebih mudah.

5. Berdasarkan Tanggal

Tidak hanya dengan cara di atas, menata dokumen berdasarkan tanggal juga merupakan salah satu cara untuk dapat mempermudah pencarian dokumen. Anda dapat menatanya dari dokumen terlama hingga terbaru sehingga pengelolaan arsip lebih mudah.

Penutup

Jadi, manajemen kearsipan adalah cara untuk mengelola arsip agar lebih mudah ditemukan pada saat ada orang yang mencari data tertentu. Jika anda membutuhkan bantuan untuk asistensi manajemen kearsipan di kantor atau perusahaan anda, chayra.id siap memberikan bantuan asistensi yang dibutuhkan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena Chayra Solusi Arsip adalah salah satu layanan unggulan di Chayra Bisnis!

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan Kabar Chayra terbaru melalui surel.

Bergabung dengan 1 pelanggan lain