Layanan Pinjaman Syariah di Indonesia: Kenali Akad-Akad yang Digunakan

0
(0)

“Layanan pinjaman syariah di Indonesia menawarkan alternatif pinjaman yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pelajari perbedaan dengan pinjaman konvensional dan akad-akad yang digunakan dalam layanan ini.”

Di Indonesia, selain layanan pinjaman konvensional, ada juga layanan pinjaman syariah. Hal ini dapat dilakukan karena sistem keuangan di Indonesia masih menganut dual system. Dalam pandangan hukum Islam, praktik pinjaman adalah sebuah praktik mu’amalah yang mengatur masalah hak-hak kebendaan, termasuk transaksi manusia atas kebendaan seperti jual beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, dan lain-lain.

Berbeda dengan pinjaman konvensional, pinjaman syariah menitikberatkan pada ketaatan terhadap syariah, yaitu terhindar dari riba, gharar (ketidakjelasan akad), maysir (spekulasi), tadlis (tidak transparan), dharar (bahaya), zhulm (kerugian pihak lain), dan haram. Dengan menitikberatkan pada prinsip-prinsip syariah, pinjaman syariah akan berbeda dalam hal ketiadaan bunga atau riba, akad, mekanisme penagihan, hingga penyelesaian sengketa.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Dasar hukum dari layanan pinjaman syariah ini ada dua. Pertama, perusahaan harus taat pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No 77 Tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Kedua, perusahaan harus mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Nomor 117/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

Karena berbasis syariah, maka layanan pembiayaan syariah menggunakan akad yang sesuai dengan karakteristik syariah, diantaranya:

  1. Akad ijarah, yaitu akad pemindahan hak guna atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu dengan pembayaran ujrah atau upah.
  2. Akad mudharabah, yaitu akad kerja sama suatu usaha antara pemilik modal yang menyediakan seluruh modal dengan pengelola, dan keuntungan usaha dibagi di antara mereka sesuai nisbah yang disepakati dalam akad. Sedangkan kerugian ditanggung oleh pemilik modal.
  3. Akad musyarakah, yaitu akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, di mana setiap pihak memberikan kontribusi dana/modal usaha dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi sesuai nisbah yang disepakati atau secara proporsional, sedangkan kerugian ditanggung oleh para pihak secara proporsional.
  4. Akad wakalah bi al ujrah, yaitu akad pelimpahan kuasa dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa untuk melakukan perbuatan hukum tertentu yang boleh diwakilkan disertai dengan imbalan berupa ujrah (fee).
  5. Akad qardh, yaitu akad pinjaman dari pemberi pinjaman dengan ketentuan penerima pinjaman wajib mengembalikan uang yang diterimanya sesuai dengan waktu dan cara yang disepakati.

Mendapatkan pinjaman syariah sekarang tidak sulit lagi, dengan berbagai layanan pinjaman syariah yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan finansial syariah, Anda dapat memilih akad yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda.

Jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut tentang layanan pinjaman syariah dan pilih yang terbaik untuk Anda.

 

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca