Inilah 3 Alasan Kenapa Perlu Mencari Nasihat Hukum

5
(7)

Sebagai negara yang berlandaskan hukum, maka sudah sepatutnya jika semua masalah atau sengketa di wilayah Indonesia pasti harus diselesaikan dengan hukum. Itulah salah satu alasan utama kenapa perlu mencari nasihat hukum ketika ada masalah atau sengketa.

Hanya saja, bukan hanya itu saja alasan mengapa kita perlu advokat ketika tersandung kasus hukum maupun ketika menemui masalah yang berkaitan dengan hal-hal legal. Pastinya, ada beberapa hal lain kenapa Anda memerlukan nasihat hukum.

Berikut adalah beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa mendapatkan nasihat hukum itu sangat penting bagi Anda!

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Sekilas tentang Nasihat Hukum

Bagi Anda yang belum tahu, nasihat hukum adalah opini resmi mengenai apa saja prosedur hukum yang berasal dari orang yang berwenang tentang hal-hal legal. Hal ini agar Anda tahu apa saja hal yang akan Anda temui pada saat proses hukum nanti.

Biasanya, Anda perlu mencari nasihat hukum ketika membutuhkan bantuan yang berkaitan dengan masalah litigasi atau pengadilan. Namun, tidak jarang Anda akan membutuhkan nasihat hukum dalam masalah non-litigasi atau bukan masalah pengadilan.

Pada umumnya, orang yang memberikan nasihat hukum adalah seorang penasihat hukum yang sudah memenuhi syarat yang sesuai dengan peraturan undang-undang. Lalu, sebenarnya apa tugas dari penasehat hukum dan kenapa Anda perlu nasihat dari mereka?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah 3 alasan kenapa perlu mencari nasihat hukum ketika ada masalah atau sengketa yang berkaitan dengan hal legal!

1. Mendapatkan Bantuan

Mungkin, Anda pernah bertanya-tanya, apabila menghadapi masalah hukum maka kita dapat meminta bantuan kepada siapa? Pada dasarnya, orang yang perlu Anda cari adalah seorang penasihat hukum atau yang biasa Anda kenal dengan pengacara atau advokat.

Kemudian sebenarnya, mengapa harus didampingi pengacara? Pastinya, Anda pernah penasaran dan ingin tahu tentang kenapa Anda membutuhkan pengacara pada saat menghadapi masalah atau bahkan sengketa yang berkaitan dengan hukum di Indonesia.

Alasannya adalah karena pengacara atau penasihat hukum akan memberikan nasihat yang pastinya akan membantu Anda untuk memenangkan kasus hukum tersebut. Terlebih, jika Anda tidak mengerti hal-hal tentang hukum, pasti akan memberi nasihat yang membantu.

2. Mendapatkan Perwakilan

Selain mendapatkan bantuan, wewenang penasihat hukum yang lain adalah untuk mewakili Anda di situasi yang berkaitan dengan hukum. Jadi, mereka yang akan berbicara mewakili Anda di beberapa situasi yang mengharuskan mereka untuk berbuat demikian.

Hal ini untuk menghindari salah bicara yang bisa menyeret Anda ke situasi yang lebih buruk lagi dan pastinya akan sangat merugikan Anda. Itu kenapa Anda perlu nasihat hukum, agar tahu kapan harus berbicara dan kapan Anda tidak boleh melakukannya.

3. Mendapatkan Pembelaan

Kemudian, fungsi pengacara atau penasihat hukum yang selanjutnya adalah agar Anda bisa mendapatkan pembelaan di berbagai situasi yang berhubungan dengan kasus tersebut. Terutama, yang berkaitan dengan litigasi, sehingga Anda bisa menang di pengadilan.

Pastinya, pengacara atau penasihat hukum Anda akan memberikan nasihat yang menguntungkan Anda, karena sudah tugas mereka untuk membela Anda. Jadi, tujuan yang ingin Anda capai, bisa Anda dapatkan dari nasihat yang mereka berikan.

Itu kenapa Anda bisa mendapatkan nasihat hukum dari Penasihat Hukum yang Terakreditasi melalui Chayra Solusi Hukum sebuah layanan konsultasi hukum persembahan chayra.id untuk berbagai masalah dan sengketa hukum yang sedang menjerat Anda.

Penutup

Itulah beberapa alasan kenapa perlu mencari nasihat hukum ketika ada masalah atau sengketa. Semoga bermanfaat!

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 7

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca