Ini Perbedaan Arsip Tekstual, Arsip Media Baru, dan Arsip Elektronik

3
(1)

Setiap arsip tentunya memiliki berbagai macam bentuk. Bentuk pada arsip tersebut bisa berupa arsip tekstual, arsip aktif, arsip inaktif, arsip media baru, hingga arsip elektronik. Perbedaan arsip tekstual, arsip media baru, dan arsip elektronik memiliki cirinya tersendiri.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara arsip tekstual, media baru, dan elektronik, artikel ini akan menjelaskan secara lebih rinci. Perbedaan ini sangat penting untuk diketahui. Sebab masih banyak orang salah mengartikan perbedaannya.

Perbedaan Arsip Tekstual, Arsip Media Baru, dan Arsip Elektronik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak bentuk arsip. Beberapa arsip tersebut masih banyak disalah artikan. Khususnya pada arsip tekstual, arsip media baru, dan arsip elektronik. Padahal, ketiga bentuk arsip tersebut memiliki ciri khasnya sendiri.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Adanya artikel ini tentunya sangat membantu Anda mengenali perbedaan dari ketiga arsit tersebut. Lebih lanjut, berikut ini merupakan perbedaan antara arsip media baru, arsip elektronik, serta arsip tekstual. Mau tahu apa saja? Simak ulasan selengkapnya di sini.

1. Perbedaan Pengertian

Perbedaan pertama dari ketiga bentuk arsip tersebut terletak pada pengertiannya. Pada dasarnya pengertian arsip tekstual adalah sebuah arsip yang di dalamnya berisikan informasi terekam dalam bentuk tertulis. Arsip tekstual ini tentunya memiliki kekurangannya.

Salah satu kekurangan yang dimiliki yaitu lebih rentan mengalami kerusakan dibanding arsip lainnya. Hal tersebut dikarenakan arsip tekstual berbahan dasar kertas. Contoh arsip tekstual bisa Anda temukan di manapun. Berbeda halnya dengan arsip media baru.

Perlu diketahui, arsip media baru adalah sebuah arsip yang berisikan informasi serta bentuk fisiknya direkam ke dalam media menggunakan perangkat elektronik. Selain itu, arsip media baru juga kerap disebut dengan arsip non kertas.

Sedangkan pengertian arsip elektronik adalah sebuah arsip yang berisikan informasi yang terekam dalam sistem kode. Media magnetic arsip ini sebetulnya hanya bisa dibaca melalui perangkat mesin saja.

Perlu untuk diketahui, dalam arsip elektronik terdapat teks atau gambar. Komponen yang terekam adalah konfigurasi kode elektronik yang tercipta, nantinya akan dikirim dan ditata berdasarkan azas provenance.

2. Perbedaan Keuntungan yang Didapatkan

Tidak kalah menarik dari perbedaan sebelumnya, adapun keuntungan yang Anda dapatkan dari ketiga bentuk arsip tersebut. Keuntungan arsip media baru, bisa menyimpan informasi tanpa harus takut mengalami kerusakan. Sebab arsip ini secara fisik akan direkam ke media.

Pada arsip tekstual, memiliki keunggulan yakni lebih mudah pengerjaannya. Berbeda halnya dengan keunggulan arsip elektronik yakni memiliki tampilan yang nyaman, sehingga membuat penggunanya lebih nyaman.

Tidak hanya itu saja, arsip elektronik juga mudah dioperasikan pada program visual, pencarian dokumen sangat flexible, dan proses pengarsipan dilakukan secara digital sehingga meminimalisir kehilangan data.

Penutup

Nah, itulah beberapa perbedaan arsip tekstual, arsip media baru, dan arsip elektronik. Pada dasarnya ketiga bentuk arsip tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kendati demikian, masih banyak orang yang salah mengartikannya.

Proses pengelolaan ketiga arsip tersebut juga berbeda. Pengelolaan arsip terbilang cukup memakan banyak waktu. Oleh karena itu, saat ini ada banyak layanan manajemen informasi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola arsip.

Akan tetapi, ketika Anda memilih layanan  tersebut, pastikan sudah terbukti aman dan terpercaya. Salah satu layanan yang sangat terpercaya yaitu Chayra Solusi Arsip. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan tersebut.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 3 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca