Daftar Arsip Memuat Apa Saja? Cek di Sini

0
(0)

Pengelolaan sebuah arsip tentunya harus menerapkan cara-caranya terlebih dahulu. Salah satu caranya yaitu menggunakan kode khusus. Agar arsip tersebut dapat digunakan semua pihak, maka perlu dibuatnya daftar arsip. Banyak orang bertanya daftar arsip memuat apa saja?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut isi dari daftar arsip, artikel ini akan menjelaskan secara lebih mendetail. Tentunya isi daftar arsip sangat penting untuk Anda ketahui. Hal ini menjadi petunjuk untuk Anda yang ingin menggunakan kembali arsip.

Komponen dalam Daftar Arsip

Menurut Undang-undang nomor 43 tahun 2009, kata arsip adalah rekaman kegiatan dalam berbagai bentuk media yang disusun sesuai dengan perkembangan teknologinya. Sedangkan daftar arsip adalah daftar yang berisikan arsip dengan nilai guna kesejahteraan yang baik.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Contoh pemberkasan arsip yang tepat seringkali dijumpai dimanapun. Agar lebih teratur dalam menyusun pemberkasan, maka sangat diperlukan daftar arsip. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui penjelasan ini, berikut merupakan isi dari daftar arsip.

1. Nomor Arsip

Isi yang ada di daftar arsip yakni nomor arsip. Seperti yang diketahui nomor arsip adalah sebuah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip menggunakan kode berupa angka. Penggunaan nomor arsip banyak dilakukan di berbagai instansi.

Nomor urut pada buku arsip pada dasarnya dimulai pada nomor 0000 atau 4 digit. Oleh karena itu, arsip dengan nomor 0000 merupakan arsip pertama yang disimpan.

2. Kode Arsip

Selain nomor arsip, adapun kode arsip yang harus ada pada daftar arsip. Pengertian dari kode arsip adalah tanda pengenal yang bertujuan untuk membantu menyusun urutan identitas sebuah arsip. Kode arsip sangat berguna untuk Anda yang akan menggunakan arsip kembali.

Sistem kode arsip juga terdiri dari tiga macam yakni nomor, huruf, dan penggabungan antara huruf dengan nomor. Tentunya pengkodean tersebut digunakan sesuai kebutuhan pencipta arsip.

Pada kode angka, judul pada sub bab masalah dituangkan dalam satu ataupun dua digit. Sedangkan penggunaan huruf memiliki aturannya sendiri. Jika terdapat satu kata fungsi, maka harus memakai huruf pertama pada awalan dan huruf pertama pada kata dasarnya.

Akan tetapi, jika terdapat dua fungsi, maka harus memakai huruf pertama pada kata dasar pertama serat kata dasar bagian kedua. Adapun kombinasi kode yang berisikan kode angka dan huruf.

3. Deskripsi Arsip

Tidak kalah penting dari isi lainnya, deskripsi arsip juga menjadi salah satu isi yang ada di dalam daftar arsip. Pengertian deskripsi arsip adalah pembuatan representasi yang tepat dari suatu unit ke bagian-bagiannya.

Penggunaan deskripsi arsip tentunya harus mengikuti langkah-langkah yang ada, seperti menjaring, melakukan analisis, pengorganisasian, melakukan perekaman informasi, dan sebagainya.

Penutup

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa saja yang termuat dalam daftar arsip. Penjelasan yang telah disampaikan tentunya sangat penting untuk diketahui. Cara membuat arsip digital juga memerlukan daftar arsip. Hal ini bertujuan agar memudahkan mencari dan mengelola arsip.

Isi yang ada dalam daftar isi meliputi nomor, kode arsip, dan deskripsi arsip. Perlu diketahui, pembuatan daftar arsip terbilang sangat memakan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, saat ini banyak orang menggunakan layanan manajemen informasi, salah satunya Chayra Solusi Arsip.

Layanan ini tentunya sudah terpercaya dan banyak digunakan semua kalangan. Menariknya, ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan untuk Anda. Jadi, yuk mulai gunakan layanan Chayra Solusi Arsip sekarang juga!

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca