Cara Mengenali Tanda-Tanda Uang Palsu agar Terhindar dari Penipuan

5
(1)

“Bank Indonesia selalu berusaha untuk mencegah maraknya uang palsu dengan meningkatkan kualitas bahan dan unsur pengaman pada uang rupiah. Namun, upaya ini tidak hanya ditangani oleh BI saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Oleh karena itu, BI selalu mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada dalam mengenali keaslian uang rupiah, sehingga dapat membedakan antara uang asli dan palsu.”

Bank Indonesia selalu berusaha untuk mencegah maraknya uang palsu dengan meningkatkan kualitas bahan dan unsur pengaman pada uang rupiah. Namun, upaya ini tidak hanya ditangani oleh BI saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Oleh karena itu, BI selalu mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada dalam mengenali keaslian uang rupiah, sehingga dapat membedakan antara uang asli dan palsu.

Peredaran uang palsu umumnya terjadi di pasar tradisional atau di toko-toko kecil. Cara yang sering digunakan adalah dengan berbelanja pada waktu ramai pengunjung, sehingga pedagang tidak memiliki waktu yang cukup untuk memeriksa uang yang diterima. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada saat berbelanja, terutama di pasar tradisional atau di toko-toko kecil.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Peredaran uang palsu di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih: Saat ini, teknologi yang digunakan untuk mencetak uang palsu semakin canggih, sehingga membuat uang palsu menjadi lebih sulit dikenali.
  2. Kemudahan dalam mendapatkan bahan-bahan yang digunakan untuk mencetak uang palsu: Bahan-bahan yang digunakan untuk mencetak uang palsu, seperti tinta, kertas, dan mesin cetak, dapat dengan mudah diperoleh di pasaran.
  3. Motif keuntungan finansial: Beberapa pelaku mencetak dan mengedarkan uang palsu dengan tujuan untuk mencari keuntungan finansial.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah kita menerima uang palsu?

Cara sederhana yang dapat kita lakukan, apabila kita mencurigai keaslian uang adalah melakukan 3D yaitu:

Dilihat

Perubahan warna benang pengaman pada pecahan Rp100.000 dan Rp50.000, perisai logo BI pada pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000. Menemukan angka berubah warna yang tersembunyi pada pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, dan gambar tersembunyi berupa tulisan BI dan angka.

Diraba

meraba bagian uang yang kasar, yaitu pada gambar utama, gambar lambang negara, angka nominal, huruf terbilang, frasa NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA, dan tulisan BANK INDONESIA. Tuna netra bisa meraba kode tuna netra (blind code) di sisi kiri dan kanan untuk mengenali nilai nominal dan asli atau tidaknya uang kertas.

Diterawang

Setelah memperhatikan dan merabanya, angkatlah uang dan arahkan pada cahaya. Anda bisa menemukan gambar pahlawan, gambar ornamen pada pecahan tertentu, dan logo BI yang akan terlihat utuh.

Jangan ragu untuk memeriksa keaslian uang yang diterima sebelum membeli barang, dan segera melaporkan jika menemukan uang palsu. Dengan demikian, kita dapat berkontribusi dalam mencegah peredaran uang palsu di masyarakat.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca