Cara Menentukan Target Pasar untuk Pelaku UMKM

5
(1)

“Sebagai pelaku UMKM, menentukan target pasar yang tepat adalah kunci keberhasilan bisnis. Temukan cara-cara untuk menentukan target pasar melalui segmentasi, mengetahui kebutuhan masyarakat, analisis persaingan pasar, dan lain-lain.”

Sebagai seorang pelaku UMKM, pasti kamu ingin produk yang kamu jual dikenal dan laku di pasaran. Ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis UMKM, seperti menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran atau melakukan perbaikan produk dalam hal pengemasan, rasa, tampilan, bahan baku, dan lain-lain.

Namun, yang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM adalah menentukan siapa yang menjadi target pasar dari produk yang ditawarkan. Mengetahui target pasar yang tepat sangat penting karena akan mempengaruhi strategi pengembangan bisnis selanjutnya.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Menurut Titik Wijayanti dalam buku “Marketing Plan dalam Bisnis”, salah satu manfaat dari menentukan target pasar adalah memudahkan dalam mencapai segmen pasar yang diinginkan dan memberikan kepuasan yang lebih kepada konsumen.

Sebagai pelaku UMKM, menentukan target pasar yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Ada beberapa cara untuk menentukan target pasar yang dapat dicoba, diantaranya:

  1. Membagi dalam beberapa segmentasi, seperti geografis, demografis, dan psikologis. Misalnya, melihat apakah suatu lokasi atau wilayah dapat menjadi target pasar produk yang dijual, atau produk cocok digunakan oleh konsumen usia tertentu.
  2. Mengetahui kebutuhan dari masyarakat. Cara ini dapat dilakukan dengan survey, tes produk, atau mengikuti pameran/bazar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan inovasi produk yang dapat dilakukan.
  3. Menganalisa persaingan pasar dengan kompetitor. Ini penting untuk melakukan inovasi produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor dan memberikan nilai tambah bagi UMKM dan produk yang dijual.

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menentukan target pasar seperti :

  1. Identifikasi karakteristik konsumen. Mengetahui karakteristik konsumen seperti gender, usia, pendidikan, pekerjaan, dan kelas sosial dapat membantu dalam menentukan target pasar yang tepat.
  2. Melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari produk yang dijual. Dengan mengetahui ini, kamu dapat menemukan target pasar yang tepat dan mengembangkan strategi yang sesuai.
  3. Melakukan riset pasar. Riset pasar dapat dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai konsumen potensial, seperti kebutuhan, preferensi, dan persepsi mereka terhadap produk yang dijual.
  4. Membuat profil konsumen ideal. Membuat profil konsumen ideal akan membantu kamu dalam menentukan target pasar yang tepat, seperti mengetahui siapa yang paling berpotensi menjadi konsumen produk kamu.

Dengan menentukan target pasar yang tepat, kamu dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan meningkatkan kemungkinan untuk mencapai keberhasilan bisnis. Ingatlah untuk terus mengevaluasi dan mengadaptasi strategi pemasaran sesuai dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca