Cara Membuka Rekening Bank PT Perorangan di BNI dan BCA

4.2
(16)

“Dapatkan informasi lengkap tentang cara membuka rekening bank PT Perorangan di BNI dan BCA. Pelajari persyaratan dan keuntungan dari memiliki rekening bank untuk perusahaan Anda.”

Salah satu hal penting dalam proses pendirian perusahaan adalah membuka rekening bank. Namun, karena PT Perorangan adalah jenis badan hukum baru, tidak semua bank memberikan kesempatan untuk pelaku usaha yang ingin mendirikan PT Perorangan untuk membuka rekening di banknya. PT Perorangan diperkenalkan melalui UU Cipta Kerja. Dalam UU ini, pendirian PT Perorangan hanya dilakukan oleh satu orang dan khusus untuk warga Negara Indonesia. Keuntungannya adalah tidak ada modal minimal, tidak perlu akta notaris, dan cukup satu pendiri sebagai pemegang saham.

Namun, perlu diingat bahwa PT Perorangan hanya khusus untuk usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil. Sesuai dengan aturan yang berlaku, usaha mikro adalah usaha yang memiliki modal maksimal Rp1 miliar tanpa termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Sedangkan usaha kecil adalah usaha yang memiliki modal lebih dari Rp1 miliar sampai dengan maksimal Rp5 miliar tanpa termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

PT Perorangan juga memiliki status badan hukum yang dinyatakan dalam PP No.8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan Serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil. Setelah mendapatkan Sertifikat Pendaftaran Perseroan Perorangan, pendiri harus mengurus beberapa dokumen lain seperti NIB dan rekening bank atas nama perusahaan. Rekening di bank ini penting agar perusahaan Anda diakui oleh konsumen dan mitra. Selain itu, dengan memiliki rekening bank yang terpisah, alur keuangan perusahaan Anda akan semakin baik.

Namun, membuka rekening bank untuk PT Perorangan bukanlah hal yang mudah, karena bank-bank umum harus menyesuaikan kebijakannya untuk jenis badan hukum ini yang relatif baru.

Jika Anda seorang pelaku usaha yang ingin membuka PT Perorangan, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena BNI sudah menerima pembukaan rekening giro/deposito PT Perorangan. Anda dapat membuka rekening PT Perorangan di seluruh kantor cabang BNI. Untuk pembuatan rekening PT Perorangan di Bank BNI, Anda hanya perlu membawa persyaratan berupa:

  1. Sertifikat pendaftaran pendirian PT Perorangan dari kementerian hukum dan HAM
  2. Surat pernyataan pendirian PT perorangan dari kementerian hukum dan HAM
  3. NPWP PT perorangan
  4. Nomor Induk berusaha (NIB)
  5. Surat perijinan lainnya (jika diperlukan)

Selain itu, berdasarkan informasi yang didapat, pelaku usaha PT Perorangan juga dapat membuka rekening di BCA dengan syarat yang harus dibawa adalah:

  1. Surat Pernyataan Pendirian Perseroan Perorangan
  2. Surat Sertifikat Pendaftaran Pendirian Perseroan Perorangan
  3. NPWP PT Perorangan
  4. NIB PT Perorangan
  5. Sertifikat Standar (jika ada)
  6. Izin Lokasi PT Perorangan (minimal izin lokasi dari RT RW atau IMB jika lokasi milik sendiri dan jika lokasi sewa harus membawa surat perjanjian sewa)
  7. KTP dan NPWP pemilik PT Perorangan

Dengan BNI dan BCA yang sudah menerima pembukaan rekening PT Perorangan, Anda dapat dengan mudah membuat rekening bank untuk perusahaan Anda. Hal ini akan memudahkan alur keuangan perusahaan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda di mata mitra kerja dan konsumen. Jangan ragu untuk membuat rekening bank PT Perorangan Anda sekarang juga.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 4.2 / 5. Jumlah pemberi bintang: 16

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui cara Anda mengelola arsip perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa digitalisasi arsip dari Chayra Solusi Arsip, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola arsip Anda.

Dengan pengalaman yang luas, kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah arsip dan memastikan bahwa data Anda selalu terjaga dengan aman dan mudah diakses.

Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan digitalisasi arsip perusahaan Anda.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca