Cara Membuat Cover Letter yang Menarik dan Efektif untuk Lamaran Kerja

5
(2)

“Belajar cara membuat cover letter yang efektif dan menarik perhatian HRD dengan melakukan riset, membuat pesan awal yang menarik, dan menuliskan keterampilan dan alasan kenapa perusahaan seharusnya memilih Anda.”

Cover Letter atau Surat Pengantar atau Surat Lamaran Kerja adalah dokumen penting yang dikirim bersama dengan curriculum vitae (CV) untuk memberikan informasi tambahan tentang ketrampilan dan pengalaman Anda. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mengirimkan cover letter, karena cover letter yang menarik dapat membuat Departemen HRD lebih tertarik untuk mempelajari diri Anda lebih lanjut. Pada dasarnya, cover letter adalah sarana Anda untuk melakukan promosi diri kepada perusahaan.

Cover letter berisi profil singkat yang menjelaskan diri Anda dan bisa dilengkapi dengan menyampaikan keterampilan, kepribadian, hingga semangat Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan apa yang membuat Anda merupakan calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Bagaimana membuat cover letter yang baik? Untuk membuat cover letter yang baik, Anda perlu melakukan riset kecil terlebih dahulu. Yang paling mudah adalah dengan memperhatikan deskripsi pekerjaan atau tanggung jawab dari posisi yang Anda lamar. Selain itu, cobalah untuk melihat media sosial yang dimiliki perusahaan. Dengan melihat media sosial milik perusahaan, Anda dapat melihat pola komunikasi yang digunakan oleh perusahaan.

Setelah melakukan riset, pastikan untuk membuat pesan awal yang menarik. Dengan pesan yang menarik, Anda sudah membuka kesempatan awal agar perusahaan mau mengenali diri Anda lebih dalam. Dalam cover letter, gunakan kalimat persuasif dan meyakinkan. Selain menuliskan berbagai keahlian Anda yang digunakan selama Anda bekerja atau di dalam organisasi, jangan lupa untuk menuliskan alasan kenapa perusahaan seharusnya memilih Anda.

Setelah selesai membuat cover letter, pastikan untuk memeriksa kembali draft cover letter tersebut. Pastikan tidak ada kesalahan yang muncul dalam cover letter yang akan Anda kirimkan. Ingat, jangan tulis cover letter lebih dari 1 halaman. Cover letter hanyalah pengantar untuk memperkenalkan diri Anda sebelum perusahaan mengenal Anda lebih jauh lewat CV atau resume. Prinsipnya, semakin sederhana namun digunakan secara tepat, maka cover letter yang Anda buat sudah dapat membuat Anda terlihat layak untuk posisi pekerjaan yang diinginkan.

Jangan lupa untuk memperhatikan format dan tata bahasa yang baik dalam menulis cover letter Anda. Ingat bahwa cover letter adalah kesempatan Anda untuk membuat perusahaan tertarik pada diri Anda dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Anda. Jadi, pastikan untuk memberikan yang terbaik dalam menulis cover letter Anda.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 2

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca