Dalam dunia pemasaran atau marketing, kita sering mengenal berbagai jenis strategi yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Mulai dari media sosial, pemasangan billboard, hingga menyebarkan brosur atau pamflet.
Namun, ada satu jenis strategi yang seringkali kita lupakan, yaitu word of mouth marketing. Strategi ini dianggap sebagai salah satu strategi terbaik dalam proses penjualan produk atau jasa, karena tidak mengeluarkan biaya besar namun dapat meningkatkan penjualan karena adanya rekomendasi dari satu orang ke orang lain.
Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut tentang word of mouth marketing dan cara-cara untuk meningkatkan efektivitasnya.
Strategi marketing “mulut ke mulut” sampai dengan hari ini masih dianggap sebagai strategi terbaik dalam proses penjualan produk atau jasa. Karena dengan marketing mulut ke mulut, tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh pelaku usaha namun penjualan terus meningkat karena adanya rekomendasi dari satu orang ke orang lainnya. Dilansir dari Investopedia, word of mouth marketing dapat diartikan sebagai sebuah keadaan dimana minat konsumen terhadap sebuah produk tercermin dalam kesehariannya. Gambaran sederhananya adalah, jika ada seorang konsumen yang baru saja membeli sebuah produk dan kemudian ia menyukainya, maka produk tersebut akan menjadi pembahasannya setiap hari.
Disamping itu, word of mouth marketing juga dapat terjadi jika sebuah produk atau penyedia jasa melakukan iklan/publisitas yang mengundang masyarakat untuk mencoba produk/jasa yang dijual. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal dari word of mouth marketing, tidak hanya dari iklan/publisitas saja. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dari word of mouth marketing, seperti: memberikan service excellence kepada pelanggan, menerima kritik dan saran dari pelanggan, dan memberikan kesempatan pelanggan untuk mencoba produk.
Dengan melakukan hal-hal tersebut, produk atau jasa yang kita jual akan direkomendasikan oleh pelanggan kepada orang lain, sehingga meningkatkan penjualan produk atau jasa kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.
Secara keseluruhan, word of mouth marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam proses penjualan produk atau jasa. Dengan tidak mengeluarkan biaya yang besar, penjualan produk atau jasa dapat meningkat karena adanya rekomendasi dari satu orang ke orang lain. Untuk mencapai hasil yang maksimal dari word of mouth marketing, perlu dilakukan beberapa hal seperti memberikan service excellence kepada pelanggan, menerima kritik dan saran dari pelanggan, dan memberikan kesempatan pelanggan untuk mencoba produk. Jika dilakukan dengan baik dan benar, maka word of mouth marketing dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan bagi pelaku usaha.
Apakah kabar ini berguna?
Anda yang tentukan bintangnya!
Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0
Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.
Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.
Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!