Begini Sistem HKI di Indonesia dan Cara Pendaftarannya

0
(0)

Seiring dengan zaman yang kini semakin berkembang, kesadaran akan pentingnya melindungi hak intelektual pun semakin besar. Hal itu mengundang banyak pertanyaan tentang bagaimana sistem HKI di Indonesia dan cara untuk mendaftarkan hak intelektual.

Pastinya, ini sangat penting bagi Anda pembuat karya untuk melindungi hasil karya tersebut agar tidak ada yang plagiat, menggandakan, dan memakai karya Anda tanpa izin. Jadi, berikut adalah penjelasan tentang bagaimana sistem HKI yang ada di Indonesia!

Sekilas tentang HKI

Bila Anda belum tahu tentang apa itu HKI, HKI adalah singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual. Maksudnya adalah hak atas kekayaan berupa kreasi yang memiliki bentuk tidak berwujud. Kreasi tersebut adalah hasil pemikiran yang berasal dari intelektualitas.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Salah satu contoh hak kekayaan intelektual yang paling populer adalah hak cipta, yang biasanya dimiliki oleh musisi, penulis lagu, sineas film, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga hak paten, merk dagang, rahasia dagang, dan lain-lain, yang termasuk ke HKI industri.

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, tujuan HKI adalah untuk melindungi hasil karya tersebut dari hal yang merugikan penciptanya. Dengan HKI, Anda bisa mendapatkan royalti jika ada yang memakai atau menggandakan hasil karya tersebut.

Secara garis besar, itulah bagaimana sistem HKI di Indonesia. Lalu, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan HKI? Berikut adalah tata cara mendaftar HKI sesuai dengan ketentuan yang ada di Indonesia!

1. Membuat Akun di Website DJKI

Bagi Anda yang belum tahu siapa yang mengatur HKI di Indonesia, maka DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) adalah jawabannya. Itu kenapa langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat akun di website resmi DJKI.

Misalnya, untuk mendaftarkan hak atas merk dagang, Anda perlu membuat akun baru di situs https://merek.dgip.go.id/. Jika sudah membuat akun di website resmi DJKI tersebut, Anda pun bisa langsung login dan melanjutkan ke langkah yang berikutnya.

2. Membuat Permohonan Baru dan Membayar Tagihan

Pada dasarnya, daftar HKI memang tidak bisa Anda lakukan secara gratis, sehingga Anda perlu membayar tagihan pada saat membuat permohonan baru. Harganya pun akan berbeda, sesuai dengan tipe, jenis, dan kelas yang Anda pilih saat mengajukan permohonan itu.

Nantinya, akan keluar kode billing yang tagihannya perlu Anda bayar dan melunasi di aplikasi yang telah ditentukan oleh pemerintah.

3. Isi Formulir dan Lengkapi Semua Dokumen Persyaratan

Terakhir, untuk mendaftarkan HKI milik Anda, Anda bisa mengisi formulir dan melengkapi semua dokumen persyaratan. Pastikan jika formulir tersebut Anda isi dengan benar dan pastikan jika semua dokumen yang Anda perlukan memang sudah lengkap.

Jika Anda tidak ingin ribet atau tidak memiliki waktu untuk mengurus semua hal itu sendiri, maka Anda pun bisa memakai jasa konsultan HKI. Mereka tidak hanya akan membantu Anda untuk mendaftarkan HKI saja, namun juga memberi saran dan nasihat hukum.

Misalnya seperti di Chayra Solusi HKI, di mana Anda bisa menemukan solusi yang sangat lengkap dan komprehensif dalam bidang HKI khususnya pendaftaran merek dan pencatatan hak cipta.

Penutup

Itulah bagaimana sistem HKI di Indonesia dan cara untuk mendaftarkan hak intelektual yang perlu Anda ketahui. Agar lebih mudah, Anda pun bisa menggunakan jasa konsultan HKI sebelum mendaftarkan hak cipta, hak paten, merk dagang, dan HKI yang lain.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca