Beberapa Peraturan tentang Kearsipan yang Perlu Anda Tahu!

0
(0)

Sebagai warga negara yang baik dari sebuah negara hukum sudah sepatutnya Anda tahu mengenai undang-undang yang berlaku di Indonesia. Salah satunya yaitu undang-undang tentang Kearsipan yang semua peraturannya tercatat dengan baik dan benar.

Perlu Anda ketahui jika undang-undang tentang kearsipan terbaru tersebut tertulis dalam UU No. 43 Tahun 2009. Isi dari undang-undang tersebut dibuat untuk menggantikan UU No. 7 tahun 1971 yang kini sudah dicabut sehingga sudah tidak berlaku.

Peraturan yang Membahas tentang Kearsipan

Pasti banyak dari Anda yang ingin tahu, apa isi UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan? Dalam undang-undang itu, tertulis 92 pasal yang mengatur tentang proses pengelolaan berbagai jenis dokumen penting atau yang juga dikenal dengan istilah arsip.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Dalam undang-undang tersebut, tertulis 11 Bab yang mengatur tentang kearsipan dari awal hingga akhir. Dalam Bab I, hal yang menjadi pokok pembahasan utama adalah ketentuan umum. Bab ini berisi satu pasal yang membahas pengertian, dan juga lain sebagainya.

Kemudian, bab lainnya membahas tentang maksud, tujuan, asas, ruang lingkup, penyelenggara, pembina, pengelola, hingga sanksi pidana. Semua hal tersebut tertulis secara lengkap dan juga rinci di dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2009.

Anda dapat download UU No. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan di sini! Di samping UU No. 43 Tahun 2009, ada juga beberapa undang-undang lain yang mengatur tentang kearsipan. Maka dari itu, berikut 4 undang-undang tentang kearsipan yang perlu Anda tahu!

1. Pergub Aceh No. 124 Tahun 2016

Bagi masyarakat Aceh, peraturan tentang kearsipan ada di dalam Pergub Aceh No. 124 Tahun 2016. Ada 44 pasal yang mengatur tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi dan tata kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh di Pergub tersebut.

Peraturan mengenai Pergub Aceh tersebut dapat Anda unduh di sini.

2. Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012

Di samping Pergub, ada juga Peraturan Pemerintah atau PP yang mengatur tentang kearsipan, yaitu PP No. 28 Tahun 2012. PP No. 28 tersebut membahas tentang pelaksanaan Undang-Undang No. 43 tentang Kearsipan yang memiliki total 167 pasal.

Peraturan Pemerintah tentang hal tersebut dapat Anda unduh di sini.

3. Perpres Tahun 2005

Tidak hanya Peraturan Gubernur (Pergub) dan Peraturan Pemerintah (PP), peraturan tentang kearsipan pun terutang di dalam Peraturan Presiden (Perpres). Hal itu tertulis di Perpres Tahun 2005 tentang Tunjangan Pengelola Arsip Statis dengan jumlah 7 pasal.

Ketujuh pasal Perpres tersebut dapat Anda unduh di sini.

4. Perka ANRI No. 19 Tahun 2012

Ketika Anda ingin menyusun atau melakukan klasifikasi arsip, Anda dapat berpedoman ke Peraturan Kepala (Perka) Arsip Nasional Republik Indonesia No. 19 Tahun 2012. Totalnya, ada 9 pasal yang berlaku di Peraturan Kepala (Perka) yang satu ini.

Untuk mengunduh Perka tersebut, Anda pun hanya perlu mengklik opsi unduh di sini.

Penutup

Itulah beberapa peraturan tentang kearsipan yang masih berlaku di Indonesia. Sehingga, pastinya Anda tidak bisa mengelola kearsipan dengan begitu saja tanpa peduli akan adanya peraturan undang-undang. Karena, ada sanksi hukum di sana.

Untuk membantu mengelola arsip Anda dengan lebih baik, Anda dapat mempercayakan Chayra Solusi Arsip sebagai layanan dan solusi terbaik dari chayra.id. Semua hal yang berhubungan dengan legalitas arsip, Anda dapat mengurus semua hal itu bersama dengan kami.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca