Badan Usaha Swasta (BUMS) : Definisi, Contoh, dan Jenisnya

4.8
(8)

Di Indonesia, ada banyak badan usaha yang memiliki tujuan dan peran berbeda satu sama lain. Salah satunya adalah badan usaha swasta atau BUMS. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah badan usaha ini.

Lain halnya dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMS tentu saja merupakan lembaga yang didirikan oleh pihak swasta atau non-pemerintah. Tujuan dan spesifikasi yang dimiliki pun berbeda. Untuk itu, di artikel ini Anda akan mengenal lebih jauh terkait BUMS!

Definisi Badan Usaha Swasta dan Tujuannya

Sesuai namanya, pengertian BUMS adalah sebuah badan usaha yang dibangun dengan modal dari pihak swasta alias bukan milik negara. Jadi, secara tidak langsung lembaga ini dikelola oleh pihak swasta yang sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Contoh perusahaan BUMS yang paling banyak dikenal adalah PT Bank Central Asia (BCA) di bidang perbankan, PT Djarum di industri rokok, PT Krakatau Steel di bidang bahan baku baja, PT Unilever Indonesia Tbk di bidang produsen barang rumah tangga, dan lainnya.

Dengan adanya BUMS, negara akan banyak terbantu karena mendukung tenaga kerja di Indonesia, sehingga bisa meningkatkan pendapatan negara. Dengan peran pentingnya ini, badan usaha swasta memiliki beberapa tujuan :

  • Menambah kas negara
  • Memperluas lapangan kerja
  • Meningkatkan pendapatan devisa
  • Membantu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia

Jenis-jenis Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Setelah mengetahui tujuan dan contoh BUMS, ada 3 jenis BUMS yang perlu Anda ketahui dan didirikan di Indonesia. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perusahaan Swasta Nasional

BUMS Nasional adalah perusahaan dengan modal yang berasal dari masyarakat lokal dalam negeri dan meliputi para pelaku usaha kecil maupun badan usaha perseorangan.

Contoh perusahaan swasta nasional adalah PT Unilever, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Astra International Tbk, PT Gudang Garam Tbk, dan masih banyak lagi.

2. Perusahaan Swasta Asing

Lain halnya dengan BUMS Nasional, badan usaha swasta asing memiliki modal yang berasal dari masyarakat luar negeri. Dengan kata lain, masyarakat luar ini menanamkan modal dan menjalankan perusahaannya di Indonesia.

Contoh BUMS Asing adalah PT Freeport Indonesia, PT CityBank, PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), PT Ericsson, dan lainnya.

3. Perusahaan Swasta Campuran

Badan usaha yang satu ini mengombinasikan kerja sama antar pengusaha nasional dengan luar negeri.

Seluruh modal usaha berasal dari kedua belah pihak yang masing-masing memiliki tujuan dan kepentingan bersama. Contoh BUMS Campuran adalah PT Garuda Indonesia dan Panasonic Manufacturing Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan BUMS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keberadaan BUMS ini sangat penting bagi kemakmuran masyarakat Indonesia. Berikut beberapa keuntungan dan kekurangan BUMS.

Kelebihan :

  • Menambah kas negara
  • Pemodal cepat mengambil keputusan karena berperan sebagai pengelolanya
  • Berperan sebagai supplier atau penyedia barang dan jasa
  • Memperluas lapangan kerja masyarakat
  • Bisa menanamkan modal dengan cepat karena tidak dikelola oleh pihak pemerintah

Kekurangan :

  • Devisa kemungkinan bisa mengalir ke luar negeri
  • Sering muncul nya persaingan tidak sehat
  • Sulit mendapatkan pinjaman
  • Terlalu berfokus kepada keuntungan

Syarat Mendirikan BUMS

Bagi Anda yang ingin mendirikan badan usaha swasta milik sendiri, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan supaya perusahaan yang dirintis dapat berjalan optimal. Syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan BUMS :

  1. Memiliki tujuan yang tidak bertentangan dengan hukum
  2. Ada akta pendirian dan perizinan usaha
  3. Mendirikan badan usaha di wilayah yang termasuk ke dalam wilayah NKRI
  4. Didirikan oleh 2 orang atau lebih penduduk Indonesia dengan KTP resmi

Penutup

Sebuah badan usaha tidak akan berdiri dengan resmi tanpa adanya berkas legalitas pembangunan dan berkas penting lainnya. Untuk itu, pastikan untuk mengandalkan layanan Chayra Solusi Legalitas Usaha sebuah layanan dari chayra.id untuk mendukung legalitas usaha Anda sekarang!

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan berupa dukungan usaha go digital yang mengikuti perkembangan teknologi modern serta adanya konsultasi terkait pembangunan badan usaha yang akan Anda rintis.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan klik chayra.id !

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 4.8 / 5. Jumlah pemberi bintang: 8

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca