Badan Usaha Perseorangan: Pengertian & Jenisnya

0
(0)

Bentuk lembaga usaha yang cocok sebagai wadah bagi bisnis berskala mikro dan kecil adalah badan usaha perseorangan. Bentuk badan usaha ini sangat pas bagi Anda yang sedang merintis bisnis dari awal dengan modal yang tak terlalu besar.

Agar lebih paham apa itu badan usaha perseorangan, yuk simak pengertian dan jenisnya pada uraian di bawah ini.

Pengertian Usaha Perseorangan

Badan usaha perseorangan adalah suatu badan usaha yang kepemilikannya oleh seorang individu saja. Karena merupakan sebuah badan usaha milik pribadi, maka sistem manajemennya bersifat bebas tanpa ada campur tangan dari pihak luar dan umumnya berskala kecil. Contoh yang berskala kecil adalah UMK.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Jenis usaha perseorangan yang berskala kecil ini biasanya hanya memiliki jumlah modal yang cenderung sedikit. Demikian pula dengan jumlah tenaga kerjanya, bahkan pada beberapa jenis UMK ada yang semua dijalankan oleh pemiliknya sendiri alias tak ada tenaga kerjanya.

Namun meski begitu dalam operasional bisnis tetap membutuhkan teknologi, walau jenis yang paling sederhana. Untuk penghasilannya, meski merupakan usaha berskala kecil kadangkala ada juga usaha jenis ini yang memiliki pendapatan melimpah.

Akan tetapi di bidang risiko, perusahaan jenis ini juga harus menanggung seluruh resiko yang akan terjadi selama kegiatan usaha berlangsung. Dalam proses pendiriannya, jenis usaha ini tidak diatur dalam KUHD maupun perjanjian lainnya.

Jenis-jenis Sektor Usaha Perseorangan

Ada banyak sekali jenis usaha perseorangan. Secara garis besar, usaha ini terbagi ke dalam 4 sektor usaha, yaitu:

1. Usaha Pertanian

Jenis usaha perseorangan yang pertama adalah di bidang pertanian. Jenis usaha ini banyak terdapat di wilayah pedesaan yang biasanya pengelolaannya oleh perseorangan.

Demikian pula dengan hasil usaha pertaniannya, juga akan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik.

2. Usaha Perdagangan

Berikutnya adalah jenis usaha dagang. Jenis usaha ini menekankan pada kegiatan jual beli barang dengan tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan. Dalam pelaksanaanya jenis usaha ini ada banyak jenisnya:

a. Reseller (Dropshipping)

Jenis usaha yang satu ini semakin populer pada saat memasuki era digital seperti sekarang ini. Perdagangan model ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal kecil atau bahkan bagi yang tak memiliki modal sekalipun.

b. Pengecer

Jenis usaha dagang yang berikutnya adalah pengecer.  Untuk memulai jenis usaha ini Anda tak perlu menyiapkan modal besar. Namun jika usaha ini sukses dan berkembang akan dapat menjadi bisnis lebih besar lagi, misalnya menjadi minimarket, supermarket atau lainnya.

c. Agen

Setingkat lebih tinggi dari pengecer adalah agen. Jaringan jenis usaha ini lebih luas daripada kapasitas pengecer. Dalam operasionalnya, usaha perdagangan ini dapat Anda lakukan baik secara online maupun offline.

3. Usaha Bidang Jasa

Badan usaha perseorangan juga bisa berbentuk usaha jasa. Jenis usaha ini mensyaratkan kepemilikan keterampilan atas suatu hal. Contohnya, Salon, Bimbingan belajar, Fotografi dan masih banyak lainnya.

4. Industri Kecil

Operasional pada sebuah industri kecil nantinya tak hanya akan membutuhkan keterampilan saja, namun juga kemampuan manajemen dagang dan jasa mumpuni.

Penutup

Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha namun masih bingung, tak usah khawatir. Kontak saja chayra.id, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa layanan manajemen berikut berbagai dukungan teknis bagi bisnis Anda.

Demikian uraian tentang badan usaha perseorangan, semoga bermanfaat.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan masalah hukum mengganggu hidupmu! Dengan layanan konsultasi hukum online dari Chayra Solusi Hukum, Anda bisa mendapatkan jawaban cepat dan tepat dari penasihat hukum terakreditasi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 35.000 saja!

Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Hukum sekarang dan biarkan kami membantumu menyelesaikan masalah hukummu dengan mudah dan aman.

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca